Kompas.com - 10/12/2018, 16:47 WIB
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga, menyinggung kubu Prabowo-Sandiaga dalam Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ini. Dia berseloroh, kubu Prabowo-Sandiaga sebaiknya tidak ikut membahas soal itu.

"Lebih baik, kawan-kawan sebelah jangan ngomongin HAM, malu kita," ujar Arya di Posko Cemara, Senin (10/12/2018).

Hal ini karena calon presiden nomor 02, Prabowo Subianto dinilai memiliki latar belakang yang tidak baik dalam hal HAM. Kata Arya, hal ini berbeda dengan sosok Jokowi yang disebutnya bersih dari catatan persoalan HAM di masa lalu.

"Pak Jokowi enggak ada masalah di masa lalu mengenai permasalahan HAM. Sedikitpun enggak ada itu, kalau yang sebelah anda tahu itu," ujar Arya.

Baca juga: Gubernur Lemhannas: Jangan Mimpi Ada Rekonsiliasi dalam Tuntaskan Kasus HAM Masa Lalu

"Kalau kelompok sebelah ngomongin HAM, itu namanya melawak," tambah dia.

Terkait penegakan HAM di pemerintahan Jokowi, Arya menilai banyak hak dasar masyarakat yang dipenuhi. Misalnya, akses ke pendidikan dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar dan juga jaminan kesehatan nasional.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga dinilai sebagai bentuk pemenuhan hak oleh pemerintahan Jokowi.

"Jadi tidak hanya soal pelanggaran HAM, tetapi soal bagaimana teggaknya hal-hal mendasar dari kehidupan masyarkat untuk mengakses bagian kehidupan mereka," kata Arya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.