Wagub Aceh Tahu Irwandi Yusuf dan Steffy Burase ke Luar Negeri Bareng dari Media - Kompas.com

Wagub Aceh Tahu Irwandi Yusuf dan Steffy Burase ke Luar Negeri Bareng dari Media

Kompas.com - 10/12/2018, 15:59 WIB
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (10/12/2018).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (10/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengakui pernah mendengar bahwa Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Steffy Burase bersama-sama bepergian ke luar negeri. Nova mengetahui hal tersebut dari informasi media massa.

Hal itu dikatakan Nova saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (10/12/2018). Nova bersaksi untuk terdakwa Irwandi Yusuf dan dua terdakwa lain, yakni Teuku Saiful Bahri dan Hendri Yuzal.

Baca juga: Selama 5 Tahun, Irwandi Yusuf Diduga Terima Rp 32,4 Miliar dari Proyek Dermaga Sabang

"Tahu dari media. Yang saya tahu, Pak Irwandi agendanya tidak cuma satu," ujar Nova kepada jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Nova, salah satu agenda Irwandi ke luar negeri adalah untuk mempromosikan kopi Aceh. Namun, Nova tidak mengetahui kepentingan Steffy Burase mengikuti agenda gubernur di luar negeri.

Selain itu, jaksa KPK juga mengonfirmasi pengetahuan Nova seputar kegiatan umroh yang dilakukan Irwandi dan Steffy secara bersama-sama. Nova mengaku mengetahui hal itu dari media.

"Saya tahu sebagian besar dari media," kata Nova.

Baca juga: Gubernur Aceh Tunjuk Steffy Burase Jadi Panitia Aceh Marathon

Dalam persidangan dengan terdakwa lainnya, terungkap bahwa Irwandi Yusuf menunjuk calon istrinya, Steffy Burase sebagai panitia kegiatan Aceh Marathon.

Adapun, uang suap yang diberikan Bupati Bener Meriah Ahmadi kepada Irwandi Yusuf, diduga digunakan Steffy untuk membiayai kegiatan Aceh Marathon.

Kompas TV Bupati non-aktif Bener Meriah, Ahmadi divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 100 juta oleh majelis hakim tipikor dalam sidang putusan kasus suap dana otonomi khusus 2018. Menurut majelis hakim, Ahmadi terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi dengan menyuap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf untuk meloloskan sejumlah usulan proyek di Kabupaten Bener Meriah di tahun 2018.

 



Close Ads X