Tentukan Moderator Debat, KPU Akan Libatkan Timses Capres-Cawapres

Kompas.com - 28/11/2018, 20:34 WIB
Ketua KPU Arief Budiman dan Dino Patti DjalalKompas.com/Fitria Chusna Farisa Ketua KPU Arief Budiman dan Dino Patti Djalal

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan melibatkan tim kampanye dua pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menentukan moderator debat Pilpres 2019.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, dalam perencanaan penyelenggaraan debat, ada hal-hal yang sepenuhnya menjadi otoritas KPU. Tetapi, ada pula yang bisa melibatkan pihak di luar KPU.

"Misalnya menentukan moderator. Nah, itu biasanya kita undang, silahkan siapa yang bisa menerima," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakrta Pusat, Rabu (28/11/2018).

Arief mengatakan, pada dasarnya fungsi moderator debat Pilpres adalah untuk mengantarkan pertanyaan kepada paslon.


Baca juga: KPU dan Dino Patti Djalal Bahas Materi Debat Capres-Cawapres

Adapun, pertanyaan-pertanyaan disusun oleh KPU bersama tim panelis.

"Sebetulnya moderator itu juga enggak melakukan apa-apa. Dia hanya men-deliver pertanyaan yang sudah disusun KPU bersama tim panelis," ujar Arief.

KPU berencana menggelar debat capres-cawapres sebanyak 5 kali. Seluruh debat akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Baca juga: KPU Buka Opsi Gelar Debat Capres-Cawapres di Luar Jakarta

Komisioner KPU Wahyu Setiawan sebelumnya mengatakan, rancangan debat capres-cawapres ditargetkan selesai akhir tahun ini. Debat pertama diharapkan dapat digelar pada Januari 2019.

Hingga saat ini, KPU terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk membahas materi debat.

Pihak-pihak tersebut di antaranya, budayawan, ahli lingkungan hidup, ahli ekonomi, kelompok agama, hingga organisasi hubungan internasional.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X