Bahas Debat Capres-Cawapres, KPU Akan Gelar Pertemuan dengan Media Penyiaran

Kompas.com - 28/11/2018, 17:02 WIB
Ketua KPU Arief BudimanKompas.com/Fitria Chusna Farisa Ketua KPU Arief Budiman

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan menggelar pertemuan dengan seluruh lembaga penyiaran di Indonesia untuk membahas rencana debat capres cawapres Pemilu 2019.

Dalam pertemuan itu, KPU dan lembaga penyiaran akan berkoordinasi soal hal-hal yang diperlukan dalam penyiaran debat nantinya.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, KPU bersama lembaga penyiaran akan membahas teknis debat, mulai dari rencana lokasi, waktu, hingga jam pelaksanaan.

"Nanti malam kita bahas. Lima kali debat mau di mana. Misalnya Surabaya, Jakarta, Medan, TV bisa enggak kalau di luar Jakarta? Lalu mau hari apa, menurut TV enaknya hari apa, jam berapa. Itu semua harus kami siapkan karena kalau tidak disiapkan dari awal kan paslon jadwalnya padat," kata Arief di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (28/11/2018).


Baca juga: KPU Buka Opsi Gelar Debat Capres-Cawapres di Luar Jakarta

Rencana debat akan disusun dengan mempertimbangkan catatan-catatan debat capres-cawapres pada Pemilu 2014.

Sejumlah usulan tengah dipertimbangkan. Misalnya, perlu atau tidaknya pendukung pasangan calon dari kalangan partai politik.

"Sebenarnya kan jauh lebih penting masyarakat, para ahli, dihadirkan di situ untuk melihat substansi debat antar pasangan capres itu," ujar Arief.

Selain itu, muncul pula sejumlah usulan lainnya, seperti, penyelenggaraan debat di kampus, hingga format debat yang dibuat lebih rileks.

Baca juga: KPU Berencana Gelar Debat Capres 5 Kali, Januari hingga April 2019

Usulan-usulan itu, menurut Arief, akan menjadi pertimbangan bagi KPU merencanakan debat capres-cawapres Pemilu 2019.

KPU berencana menggelar debat capres-cawapres sebanyak 5 kali. Seluruhnya, akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan sebelumnya mengatakan, rancangan debat capres-cawapres ditargetkan selesai akhir tahun ini. Debat pertama diharapkan dapat pada digelar Januari 2019.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X