KPU Hati-hati Ambil Keputusan soal Pencalonan OSO sebagai Anggota DPD

Kompas.com - 28/11/2018, 08:52 WIB
Ketua KPU Arief Budiman Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKetua KPU Arief Budiman

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) belum mengambil keputusan soal pencalonan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang ( OSO) sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya berhati-hati dalam proses ini. Jangan sampai, nantinya keputusan yang diambil oleh KPU justru menimbulkan persoalan baru.

"Ini sebagai salah satu bentuk kehati-hatian kita," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

Baca juga: OSO Disarankan Fokus Urus Hanura Ketimbang Maju Jadi Calon DPD

Arief mengatakan, pihaknya masih menyimpan kekhawatiran terhadap langkah yang akan diambil KPU.

Kekhawatiran tersebut terkait kemungkinan adanya pihak-pihak yang tidak terima terhadap putusan KPU, dan potensi mereka mengambil langkah hukum.

Untuk itu, KPU mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan yang matang.

"Karena masih ada beberapa catatan, kalau begini dampaknya seperti apa, kalau timbul sengketa lagi putusannya ini cukup kuat atau tidak. Karena buat apa kita melaksanakan ini dengan cara ini, dengan seperti ini, pasti ketika disengketakan kita mudah sekali digagalkan, mudah sekali kalah," ujar dia.

Arief menuturkan, meski tidak mudah, KPU akan berupaya melaksanakan tiga putusan lembaga peradilan hukum terkait syarat pencalonan anggota DPD, yaitu putusan MK, MA, dan PTUN.

Baca juga: KPU Kembali Minta Masukan Ahli Terkait Pencalonan OSO

Kesepakatan KPU hingga saat ini sudah mengarah ke salah satu opsi. KPU hanya perlu waktu untuk kembali meyakinkan keputusannya.

Rencananya, jika tak ada lagi hal yang akan dibahas, KPU akan putuskan nasib OSO, Rabu (28/11/2018).

"Sebagaian besar sepakatnya sudah mengarah pada satu kesimpulan, tetapi masih diperlukan keyakinan yang cukup bahwa ini memang ini pilihan paling tepat dan benar pada putusan-putusan tersebut," kata Arief.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X