Ketua MPR: Pancasila Itu Harus Diajarkan secara Radikal

Kompas.com - 27/11/2018, 14:01 WIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10/2018).
Penulis Devina Halim
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendukung wacana penghidupan kembali Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurutnya, anak muda zaman sekarang kurang menerima pelajaran soal Pancasila, seperti Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) dan PMP, yang diterapkan di era Soeharto.

Oleh sebab itu, ia menilai pendidikan Pancasila perlu semakin digalakkan.

"Ideologi itu harus diajarkan, radikalisasi ideologi itu boleh, Pancasila itu harus diajarkan secara radikal, harus kuat, menancap di dada masing-masing anak muda kita," ujarnya saat ditemui di ruangannya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Baca juga: Jokowi: Pancasila Tak Bisa Digantikan dengan Ideologi Impor

Namun, cara pengajarannya perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman agar dapat diterima oleh anak-anak zaman kini.

Ia pun berpendapat, perlu kajian lebih mendalam untuk membahas metode yang sesuai.

"Perlu ada kajian, duduk bersama membahas metode yang tepat itu seperti apa, anak-anak SMP, SMA, kalau didoktrin, tentu tidak pas lagi, zamannya sudah berbeda," terang dia.

Namun, Zulkifli menuturkan hal terpenting adalah pendidikan Pancasila dilakukan untuk jangka panjang.

"Jangan nanti ganti pemerintah, hilang lagi, mengajarkan wawasan kebangsaan itu sepanjang masa, sepanjang zaman," tuturnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X