Waspada Dua Pelaku Penipuan Mengatasnamakan Kemenpan RB

Kompas.com - 22/11/2018, 10:27 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin di kantornya, Senin (22/10/2018). -KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin di kantornya, Senin (22/10/2018).
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu terdapat dua orang yang mencoba melakukan tindakan penipuan mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB).

Dua orang tersebut adalah Guruh Leo Kritanto dan Faizal Aman. Mereka berdua mengaku sebagai Staf Ahli Kemenpan RB.

Modus yang mereka gunakan adalah menjanjikan proyek pembangunan infrastruktur kepada pejabat daerah, salah satunya di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Mudzakir menegaskan, dua orang tersebut bukanlah staf ahli atau pegawai Kemenpan RB. Ia menambahkan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan ini kepada pihak berwenang.

"Kami akan melakukan tindakan hukum," kata Mudzakir di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Baca juga: Cerita Korban yang Ikut Bongkar Kasus Penipuan Bermodus Rekrutmen PT KAI

Dilansir dari situs Kemenpan RB, Kemenpan RB mendapatkan laporan mengenai kejadian penipuan ini dari Kepala Seksi Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Wina Ratna Bidari.

Wina menghubungi pihak Kemenpan RB melalui telepon pada Senin (19/11/2018) lalu. Menurut Wina, komplotan ini telah ada sejak tahun 2016.

Adanya aksi penipuan seperti ini, pastinya dapat meresahkan masyarakat. Karena hal itu, Mudzakir mengimbau masyarakat atau pejabat untuk berhati-hati terhadap pelaku penipuan yang mencoba melakukan modus serupa.

"Silakan menghubungi kami di nomor 021-739 8381 jika ada yang mengaku sebagai pegawai Kementerian PAN RB," ujar dia.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X