Kompas.com - 19/11/2018, 15:48 WIB
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi KOMPAS.com/Fitria Chusna FarisaKomisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memerintahkan KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota untuk tetap menerima laporan dan masukan dari masyarakat terkait daftar pemilih tetap (DPT).

Laporan diterima meskipun KPU daerah tersebut telah menetapkan DPT hasil perbaikan II Kamis (15/11/2018) kemarin.

"Setelah rapat pleno penetapan DPT hasil perbaikan II beberapa hari lalu, langsung kita instruksikan kepada KPU provinsi dan kabupaten/kota," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

"Pertama, KPU provinsi dan kabupaten/kota yang sudah menetapkan DPT hasil perbaikan II itu untuk tetap menerima laporan masukan informasi terkait dengan pemilih yang belum masuk dalam DPT itu tetap kita terima, tidak boleh kita tolak," lanjutnya.

Laporan dari masyarakat, kata Pramono, penting sebagai bahan pemutakhiran DPT yang akan ditetapkan pada 15 Desember 2018.

Baca juga: Bawaslu NTT Sebut Ada Desa Siluman di DPT Kabupaten Rote Ndao

Artinya, meskipun KPU provinsi dan kabupaten/kota itu sebelumnya sudah menetapkan DPT, tak menutup kemungkinan pemutakhiran kembali dilakukan jika ada laporan dari masyarakat.

Sementara itu, bagi KPU provinsi dan kabupaten/kota yang belum menyelesaikan pemutakhiran data dan menetapkan DPT hasil perbaikan II, diminta untuk meneruskan pencocokan dan penelitian (coklit) terbatas.

Coklit itu juga dilakukan sambil terus menerima laporan dari masyarakat soal data pemilih.

"Bagi KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang kemarin belum berhasil tetapkan DPT hasil perbaikan II itu untuk meneruskan kegiatannya misal coklit terbatas, dan seterusnya, sambil terus menerima laporan dan masukan dari masyarakat," ujar Pramono.

Diketahui, dari 34 KPU provinsi, baru 28 KPU yang selesai melakukan pemutakhiran. Enam sisanya, masih terus melakukan penyempurnaan. Enam provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.