16 November 1901, Mobil Listrik "Riker Torpedo Racer" Cetak Rekor Tercepat

Kompas.com - 16/11/2018, 13:01 WIB
Riker Tropedo autofoundryRiker Tropedo

KOMPAS.com - Dunia otomotif memang penuh kejutan. Pabrikan otomotif misalnya, yang selalu memberikan inovasi dalam produk barunya. Desain dan upgrade mesin menjadi prioritas dalam pengembangan oleh pabrikan.

Tak hanya mengembangkan kendaraan berbahan bakar fosil, pabrikan otomotif sejak 1900-an juga sudah  mengembangkan kendaraan dengan menggunakan tenaga listrik.

Mesin dikembangkan dengan berbagai cara agar bisa mengubah listrik menghasilkan kecepatan.

Uniknya, era itu juga kecepatan sudah menjadi kebanggaan. Kontes kecepatan mobil listrik juga dilakukan. Walaupun chasis yang digunakan mobil belum secanggih sekarang, mobil listrik bisa menghasilkan kecepatan maksimal.

Hari ini 117 tahun yang lalu, tepatnya pada 16 November 1901, sebuah mobil bertenaga listrik mencatatkan namanya pada rekor dunia. Mobil bernama "Riker Torpedo Racer" ini mampu berlari kencang menembus batas kecepatan pada waktu itu.

Dilansir dari History.com, mobil listrik Riker Tropedo mampu menapaki jalan lurus sejauh 1,6 kilomter dalam waktu 63 detik (91 kilometer per jam) saja di Coney Island, New York, Amerika Serikat.

Kecepatan itu dianggap luar biasa karena belum ada mobil listrik yang mampu berjalan dengan waktu itu.

Baca juga: 7 November 1965, Jet Darat "Green Monster" Cetak Rekor Tercepat

Rekor kecepatan ditetapkan pada perlombaan di Coney Island, yang disponsori oleh Long Island Automobile Club. Riker Torpedo Racer yang bertenaga baterai memegang rekornya selama sepuluh tahun.

Mobil yang dibangun oleh seorang bernama Andrew Riker bersama perusahaannya menggunakan roda dari sepeda dan sebuah chasis berbentuk persegi. Mobil ini bahkan tak memiliki kursi untuk seorang pebalapnya. Pebalap hanya duduk pada sebuah papan persegi di atas mobil.

Material dalam mobil itu terbuat dari bahan metal, karet, dan penambahan kayu. Memiliki tinggi 88 sentimeter, panjangnya 322 sentimeter dan lebarnya 55.5 sentimeter.

Riker tidak hanya membangun mobil listrik, ia membangun mobil balap listrik, yang membantunya dan perusahaan untuk mempertahankan keunggulan mereka di pasar produksi mobil listrik. Ini mampu memenangkan mereka dalam balapan jarak jauh dan pendek dari akhir abad ke-19 ke awal tanggal 20.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X