Bupati Indramayu: Saya Minta Maaf ke Masyarakat dan Pendukung

Kompas.com - 13/11/2018, 15:29 WIB
Anna Sophanah yang baru saja mengundurkan diri dari posisi bupati Indramayu menemui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ia bertemu Tjahjo untuk menjelaskan alasan pengunduran dirinya.  Anna datang ke Kantor Kemendagri, Selasa (13/11/2018) pukul 13.05 WIB. KOMPAS.com/IhsanuddinAnna Sophanah yang baru saja mengundurkan diri dari posisi bupati Indramayu menemui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ia bertemu Tjahjo untuk menjelaskan alasan pengunduran dirinya. Anna datang ke Kantor Kemendagri, Selasa (13/11/2018) pukul 13.05 WIB.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Anna Sophanah meminta maaf karena harus mengundurkan diri dari posisinya sebagai Bupati Indramayu. Permintaan maaf ditujukan kepada masyarakat Indramayu, terkhusus pendukungnya pada Pilkada 2015 lalu.

"Saya minta maaf ke seluruh masyarakat Indramayu, khususnya yang mendukung saya," kata Anna saat bertemu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Dalam pertemuan itu, Tjahjo menanyakan alasan Anna yang sudah dua periode menjabat Bupati Indramayu mengundurkan diri. Menurut Tjahjo, pengunduran diri tersebut memang adalah hak Anna. Namun, pengunduran diri harus berdasarkan alasan yang jelas karena Anna sudah dipilih oleh masyarakat Indramayu.

Baca juga: Ini Alasan Bupati Indramayu Mundur dari Jabatannya

Anna mengakui bahwa keputusannya bisa mengecewakan masyarakat hingga parpol yang sudah mendukungnya. Namun, Anna merasa keputusan ini harus ia ambil karena masalah keluarga.

"Bapak saya sakit. Bapak sangat butuh perhatian saya," kata Anna

Anna mengatakan, ibunya juga belum lama ini meninggal dunia karena sakit. Selama ibunya sakit itu, ia jarang memberi perhatian karena kesibukan sebagai bupati.

"Ketika ibu meninggal, saya tidak ada di rumah," kata dia dengan mata berkaca-kaca.

Baca juga: Bupati Indramayu Mundur, Pemprov Jabar Tunggu Hasil Rapat Dewan

Anna mengaku menyesal dan tak mau hal serupa terjadi kepada ayahnya. Oleh karena itu lah ia memutuskan mengundurkan diri sebagai Bupati Indramayu karena ingin fokus mengurus ayahnya.

Anna dalam kesempatan itu juga membantah isu yang beredar bahwa ia mundur terkait permasalahan hukum.

"Ini murni masalah keluarga," kata dia.

Sementara itu, Tjahjo mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu surat pengunduran diri Anna yang sudah disetujui DPRD dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Setelah proses pengunduran diri rampung, maka Kemendagri akan mengangkat wakil bupati Indramayu saat ini sebagai pejabat Bupati.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X