Mendagri Perintahkan Dukcapil Bantu Inafis Identifikasi Identitas Korban Lion Air

Kompas.com - 01/11/2018, 16:39 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (1/11/2018) KOMPAS.com/Ryana AryaditaMendagri Tjahjo Kumolo di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (1/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memerintahkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk membantu proses identifikasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Hal tersebut diungkapkan ketika Tjahjo berkunjung ke Rumah Sakit Bhayangkara, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (1/11/2018).

"Kemendagri melalui tim dari Ditjen Dukcapil sudah diinstruksikan membantu Inafis Mabes Polri mencari data secara detail penumpang Lion Air yang terkena musibah," ujar Tjahjo, sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi Kemendagri.

Tim Dukcapil, lanjut Tjahjo, memiliki data 263 juta warga negara Indonesia. Keberadaan tim Dukcapil ini pun diharapkan mempercepat proses identifikasi korban.

Baca juga: Detik-detik Ditemukannya Black Box Lion Air JT 610, Tak Boleh Langsung Diangkat Keluar

Saat Menteri Tjahjo mengunjungi RS Bhayangkara, tim Inafis (Indonesia Automatic Finger Print Identification System) sendiri masih bekerja keras mengumpulkan data identitas para korban. Ia mendapatkan informasi, tim Inafis bekerja 24 jam.

Tjahjo pun menginstruksikan agar tim Dukcapil juga mendampingi kerja tim Inafis 24 jam hingga proses indentifikasi selesai 100 persen.

"Saya datang juga untuk memastikan agar tim dan peralatan sudah ada di salah satu ruangan dekat ruang jenazah, dan sudah ada. Tim kami akan bekerja dipimpin langsung oleh Dirjen Dukcapil," ujar Tjahjo.

Selain memastikan Dukcapil turut membantu proses identifikasi, Menteri Tjahjo juga sempat bertemu dengan keluarga korban yang sedang memberikan data ante mortem di posko identifikasi. Tjahjo mengucapkan turut berduka cita atas peristiwa itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X