TNI AL Kirim KRI, Taifib, hingga Denjaka untuk Bantu Pencarian Korban Pesawat Lion

Kompas.com - 29/10/2018, 14:25 WIB
Sejumlah kapal tampak telah berada di lokasi ditemukan puing-puing pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Pesawat itu dilaporkan telah jatuh ke laut setelah terbang sekitar 13 menit dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dalam penerbangan ke Pangkalpinang, Kepulauan Riau. Kompas.com/ArditoSejumlah kapal tampak telah berada di lokasi ditemukan puing-puing pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Pesawat itu dilaporkan telah jatuh ke laut setelah terbang sekitar 13 menit dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dalam penerbangan ke Pangkalpinang, Kepulauan Riau.

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut mengerahkan sejumlah Kapal Perang Indonesia (KRI) demi melakukan search and rescue (SAR) di perairan dekat Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan itu dalam rangka percepatan evakuasi korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di daerah tersebut, Selasa (29/10/2018) pagi.

"Kami menerjunkan 3 unit KRI dan 10 kapal tim survei di perairan Karawang," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AL Kolonel Zaenal kepada Kompas.com, Selasa pagi. 

KRI yang diturunkan, yakni KRI Tenggiri-865, KRI Rigel-933 dan KRI Sikuda-863. KRI Rigel diketahui memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan obyek di dalam air.

Adapun, tim survei Pushidrosal, yakni KAL Kobra-867, KAL Sanca-815 dan 5 unit Sea Rider.

Baca juga: Lion Air: Pesawat JT 610 Terjatuh Setelah 13 Menit Mengudara

Selain itu, TNI AL juga menurunkan sebanyak 40 personel TNI dari Tim Penyelam, Tim Komando Pasukan Katak (Kopaska), Tim Detasemen Jalamangkara (Denjaka) dan Tim Intai Amphibi (Taifib) untuk melakukan pencarian manual.

Mereka masing-masing berasal dari Komando Armada I, Lantamal III Jakarta, dan Marinir, Jakarta.

"Informasi terbaru, KRI Sikuda-863, KRI Tenggiri-865 dan Kal Kobra-867 sudah berada di lokasi ditemukannya serpihan pesawat. 2 tim Sea rider Tim Kopaska sudah tiba, sedang persiapan bantu Basarnas untuk penyelaman," ujar Zaenal.

Sementara itu, Kal Sanca-815 berangkat dari JICT Jakarta pukul 12.15 WIB.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X