Suhadi Janji Lanjutkan Semangat Artidjo Menghukum Berat Koruptor

Kompas.com - 09/10/2018, 13:38 WIB
Hakim Agung Suhadi dilantik sebagai Ketua Muda Pidana di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINHakim Agung Suhadi dilantik sebagai Ketua Muda Pidana di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hakim Agung Suhadi dilantik sebagai Ketua Muda Pidana di Mahkamah Agung. Suhadi menggantikan posisi hakim Artidjo Alkostar yang pensiun beberapa waktu lalu.

Seusai dilantik, Suhadi menyatakan bahwa ia dan hakim-hakim lainnya akan melanjutkan semangat Artidjo untuk menghukum berat koruptor.

"Kami di dalam melaksanakan tugas tidak sendiri, ada majelis. Jadi Pak Artidjo pergi, masih ada majelis yang lain. Jadi semangat itu akan tertinggal di MA," ujar Suhadi saat ditemui di Gedung MA, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Suhadi mengatakan, koruptor layak dihukum berat karena menyangkut anggaran belanja negara, pajak, dan merampas uang yang seharusnya dinikmati rakyat.

Untuk itu, menurut Suhadi, perkara korupsi harus mendapat perhatian lebih daripada yang lain dalam proses pemeriksaan perkara.

Baca juga: Juru Bicara MA Suhadi Resmi Gantikan Artidjo Jadi Ketua Muda Pidana

Sebelumnya, nama Artidjo Alkostar sangat dikenal sebagai hakim "galak" dalam menjatuhkan hukuman. Terutama bagi para koruptor.

Vonis berat menanti terpidana koruptor jika kasasinya atau peninjauan kembali ditangani oleh Artidjo. Ketukan "palu" Artidjo begitu menakutkan bagi para napi koruptor yang mencoba mendapat keringanan hukuman.

Sejumlah kasus korupsi yang melibatkan pejabat dan politisi pernah ditangani Artidjo. Sebut saja Luthfi Hasan Ishaaq, Angelina Sondakh, Akil Mochtar, hingga Anas Urbaningrum.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X