Sebanyak 1.500 Kiai di Jabar Siap Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Kompas.com - 03/10/2018, 15:30 WIB
Sebanyak 1500 kiai di Jawa Barat siap mendukung pasangan Joko Widodo-Maruf Amin. Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW) Hery Haryanto menuturkan, 1500 kiai itu berkumpul di Pesantren Al Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comSebanyak 1500 kiai di Jawa Barat siap mendukung pasangan Joko Widodo-Maruf Amin. Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW) Hery Haryanto menuturkan, 1500 kiai itu berkumpul di Pesantren Al Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018).

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.500 kiai di Jawa Barat siap mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW) Hery Haryanto mengatakan, 1.500 kiai itu berkumpul di Pesantren Al Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018).

"Insya Allah akan bersatu dan akan membuat program untuk memenangkan Kiai Ma'ruf Amin," ujar Hery.

Baca juga: Maruf Amin Optimistis Ekonomi Indonesia Tahun 2024 Berkembang Pesat

Menurut dia, dukungan ini berperan strategis kepada Jokowi-Ma’ruf. Sebab, para kiai memiliki pengaruh yang kuat di kalangan masyarakat.

“Para kiai kampung itu penyambung lidah umat, punya kepemimpinan yang mengakar, dan langsung bersentuhan dengan umat,” kata Hery.

Hery mengatakan, dalam tradisi Nahdliyin, kiai tidak sekadar tokoh panutan dalam urusan agama, tetapi juga sebagai rujukan dalam beragam hal kehidupan, termasuk dalam urusan pilihan politik.

Baca juga: Caleg yang Tak Kampanye Jokowi-Maruf Amin, Saya Doakan Tidak Jadi

“Identifikasi sosio-kultural masyarakat Indonesia itu tidak bisa lepas dari kiai sebagai aktor kuncinya. Pasangan capres-cawapres yang mampu mendapatkan dukung kiai berpeluang besar memenangkan kompetisi,” kata dia.

Hery menilai, kombinasi Jokowi-Ma’ruf mewakili sisi nasionalis dan agama menjadi keunikan tersendiri bagi Indonesia.

“Selain mewakili kelompok nasionalis dan Islam, Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan pasangan yang rekam jejak dan prestasinya jelas. Pasangan ini pilihan terbaik untuk cita-cita menuju Indonesia Emas 2045,” katan Hery.

.

.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Visi dan Misi

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X