Berkunjung ke Palu dan Donggala, Jokowi akan Kunjungi Lima Titik

Kompas.com - 03/10/2018, 07:21 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) mengunjungi lokasi gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Presiden memerintahkan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi korban sebagai langkah pertama penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.ANTARA FOTO/BIROPERS KRIS Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) mengunjungi lokasi gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Presiden memerintahkan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi korban sebagai langkah pertama penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Presiden Joko Widodo pada  Rabu (3/10/2018) pagi, bertolak  ke daerah terdampak gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Pengamatan Kompas.com, Presiden Jokowi berangkat dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 06.55 WIB.

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang digulung, celana jins biru dan sepatu sneakers hitam.

Presiden Jokowi  dan rombongan  berangkat tidak menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, melainkan menggunakan pesawat jenis CN milik TNI AU.

Baca juga: Pengungsi Gempa di Palu Butuh Segera Makanan dan Obat-obatan

Diketahui pesawat CN memang memiliki kapasitas lebih banyak dibandingkan pesawat kepresidenan.

Kota Palu merupakan daerah terdampak bencana pertama yang dikunjungi  Presiden. Informasi sementara, Presiden akan meninjau  tiga titik, yakni Kelurahan Petobo, Rumah Sakit Wirabuana dan Hotel Roa Roa.

Setelah itu, dengan menggunakan helikopter, rencananya Presiden akan meninjau dua titik di Kabupaten Donggala, yakni permukiman di Loli Saluran dan lokasi pengungsian.

Presiden beserta rombongan akan bertolak lagi ke Jakarta pada Rabu petang.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Kapolri Tangkap Penyebar Hoaks Gempa dan Tsunami Sulteng

Sejumlah menteri turut mendampingi kunjungan Jokowi kali ini, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir.

Presiden Jokowi sebelumnya sudah meninjau lokasi gempa dan tsunami di Palu, Minggu (30/9/2018).

Hingga Selasa (2/10/2018) pukul 13.00 WIB, korban tewas akibat gempa dan tsunami di Sulteng bertambah menjadi 1.234 orang.

Selain itu, sebanyak 799 orang mengalami luka berat. Mereka tengah dirawat di rumah sakit.

Korban meninggal diketahui berasal dari Kota Palu, Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, dan Sigi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X