Polri Akan Turunkan 1.400 Personel ke Sulawesi Tengah

Kompas.com - 01/10/2018, 14:57 WIB
Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto saat ditemui di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).Reza Jurnaliston Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto saat ditemui di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto mengatakan akan menurunkan 1.400 personelnya ke daerah terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Setyo menyebutkan, tugas mereka adalah membantu proses evakuasi korban serta mengamankan daerah tersebut.

"Ini rencanakan dikirim lagi ke sana sampai dengan kemungkinan sekitar 1.400 personel yang akan membantu mengamankan kemudian merehabilitasi dan membersikan seperti yang di Lombok," kata Setyo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Polri Memberi Toleransi Korban Bencana yang Berebut Makanan


Setyo mengatakan, pengamanan juga menjadi salah satu prioritas bagi jajarannya. Apalagi, pascabencana, para warga berebut makanan di beberapa toko.

Namun, Polri memberikan toleransi terhadap warga yang melakukan hal tersebut mengingat situasi yang sangat mendesak.

Meski demikian, Setyo mengatakan, mengambil barang yang bukan miliknya merupakan tindak pidana.

Baca juga: Personel Polri dan TNI Dikerahkan untuk Amankan SPBU dan Minimarket Pascabencana Palu

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan tindakan melanggar hukum.

"Oleh sebab itu kami mohon dengan hormat dan sangat, ini menjadi atensi kita dan kami akan mengamankan. Polda Sulteng dan jajarannya akan dibantu dengan personel Polda tetangga, nanti akan dikirim dari Mabes Polri dan Polda lain, akan siap mengamankan," ujar Setyo.

Saat ini, Polri sudah mengirimkan sebanyak 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau setara dengan 300 personel dari Polda daerah terdekat.

.

.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: #PrayForPalu #PrayForDonggala

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X