Akankah Dukungan Keluarga Gus Dur Tarik Suara Nahdliyin untuk Jokowi-Ma'ruf?

Kompas.com - 28/09/2018, 06:51 WIB
Presiden Joko Widodo saat bertemu Sinta Nuriyah Wahid di Ciganjur, Jakarta SelatanFabian Januarius Kuwado/KOMPAS.com Presiden Joko Widodo saat bertemu Sinta Nuriyah Wahid di Ciganjur, Jakarta Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid yang diwakili Yenny Wahid menyatakan dukung kepada pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Apakah dukungan ini akan turut menarik suara Nahdliyin kepada Jokowi-Ma'ruf?

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Luky Sandra Amalia menilai, dukungan keluarga Gus Dur berpotensi menarik massa dari warga Nahdlatul Ulama.

"Dengan adanya deklarasi yang kemarin sudah pasti resmi suara keluarga Gus Dur bisa menarik massa Nahdliyin ke kubu Jokowi. Klaim awal akan selesai dengan deklarasi kemarin itu," ujar Sandra di Kantor Populi Center, Slipi, Jakarta Barat, Kamis, (27/9/2018).


Baca juga: Arti Dukungan Keluarga Gus Dur bagi Jokowi-Maruf Amin

Ia mengatakan, Gus Dur yang merupakan pendiri PKB memiliki basis massa tidak dapat dilepaskan dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Apa pun yang diputuskan keluarga itu memang menjadi penting bagi mereka kaum Nahdliyin yang masih patuh pada kiainya," kata Sandra.

Sebelumnya, pengamat politik Burhanuddin Muhtadi juga memiliki pandangan sama. Menurut dia, dukungan keluarga Gus Dur akan memberikan suntikan besar kepada Jokowi-Ma'ruf.

Burhanuddin mengatakan, keputusan itu bisa membuat simpatisan Gus Dur dan kaum Nahdliyin ikut gerbong mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Terlebih Ma'ruf Amin juga merupakan mantan Rais 'Aam Syuriah atau Dewan Penasihat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca juga: Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi-Maruf, Prabowo-Sandi Akan Datangi Basis NU

Akan tetapi, menurut Burhanuddin, dukungan besar NU itu tak hanya sampai di situ. Sebab, Jokowi-Ma'ruf Amin juga didukung partai politik yang kental aroma NU, yakni PKB dan PPP.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X