Kubu Jokowi-Ma'ruf Klaim Banyak Adopsi Visi-Misi Gus Dur

Kompas.com - 26/09/2018, 07:34 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding saat ditemui di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat.Reza Jurnaliston Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding saat ditemui di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mengklaim, banyak visi dan misi Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yang diadopsi oleh Jokowi-Ma'ruf.

Hal itu disampaikan Karding menanggapi rencana putri kedua Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid, yang akan mengumumkan dukungan resmi kelompok Gusdurian pada Pilpres 2019.

"Bahwa visi gagasan dan legacy Gus Dur banyak terwakili atau terepresentasi di pikiran dan visi misi Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf," kata Karding, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Baca juga: Rabu Sore, Yenny Wahid Umumkan Dukungan Politik pada Pilpres 2019

Oleh karena itu, ia berharap kunjungan Ma'ruf ke kediaman keluarga Gus Dur di Ciganjur, Jakarta pada hari ini, Rabu (26/9/2018), mampu menjelaskan hal tersebut.

Namun, Karding mengatakan, kubu Jokowi-Ma'ruf menyerahkan sepenuhnya keputusan soal ini kepada Yenny dan Gusdurian.

"Soal penentuan sikap sekali lagi kami serahkan ke Beliau-Beliau. Kami berharap Beliau bisa bersama kami. Apalagi dengan kelompok Gusdurian itu tentu akan jadi penyemangat, energi baru bagi tim Pak Jokowi-Ma'ruf Amin," lanjut Karding.

Menurut rencana, Yenny akan mengumumkan dukungan politiknya pada Pilpres 2019, Rabu sore.

Baca juga: Sandiaga Hormati Yenny Wahid yang Belum Tentukan Dukungan Politiknya

Deklarasi dukungan rencananya dilakukan di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Jalan Kalibata Timur I Nomor 12, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Konsorsium Kader Gus Dur akan mengadakan acara deklarasi pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019 yang akan kami dukung," ujar Yenny melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (25/9/2018) malam.

Sikap politiknya itu, kata Yenny, merupakan bagian dari ikhtiar dalam upaya menyalurkan aspirasi politik Gusdurian.

.

.

.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo ABDURRAHMAN WAHID

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X