Langkah Wikipedia Mengunci Artikel Profil Capres-Cawapres Diapresiasi

Kompas.com - 22/09/2018, 16:52 WIB
Artikel masing-masing capres dan cawapres 2019 Twitter/@idwikiArtikel masing-masing capres dan cawapres 2019
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Wikipedia Indonesia mengunci artikelnya terhadap profil calon presiden dan calon wakil presiden menjelang berlangsungnya Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

Langkah Wikipedia yang tidak memungkinkan penggunanya untuk mengedit profil Joko Widodo, Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto, dan Sandiaga Uno dilakukan agar artikelnya mengenai empat tokoh itu tidak dimanfaatkan untuk kampanye negatif.

Pengamat media sosial Nukman Luthfie menilai hal yang dilakukan Wikipedia sebagai salah satu langkah baik menjelang Pilpres 2019.

"Saya menyambut dengan gembira. Ketika informasi mengenai pilpres di-lock, hanya pihak tertentu yang bisa meng-update, pihak yang independen," kata Nukman ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/9/2018).


Seperti diketahui, informasi yang ada dalam Wikipedia dapat berasal dari siapa saja. Ini disebabkan Wikipedia berbasis crowdsource, yang mengandalkan konten dari penggunanya.

Meski begitu, Wikipedia memiliki sejumlah admin untuk mencegah kontennya diisi informasi yang tidak tepat.

"Kan memang kontennya partisipasi publik, memang diharapkan itu yang mengisi orang-orang yang memang kompetensi di bidangnya dan dianggap sebagai wikipediawan. Itu organisasinya (wikipediawan) cukup solid," ujar Nukman.

Baca juga: Jelang Pilpres 2019, Wikipedia Mengunci Artikel Profil Capres-Cawapres

Anggapan masyarakat

Menurut Nukman, tidak dapat dipungkiri jika saat ini Wikipedia menjadi salah satu tempat rujukan masyarakat ketika mencari suatu informasi.

Namun, sebaiknya Wikipedia hanya dijadikan sebagai referensi dan bukan sumber utama.

"Wikipedia itu sekarang sudah dianggap sebagai acuan yang sahih, yang mestinya kita enggak boleh (seperti itu), sebagai referensi boleh. Tapi yang dijadikan referensi adalah link-link yang ada dalam Wikipedia," kata Nukman.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X