Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Pejabat Struktural KPK yang Resmi Dilantik

Kompas.com - 20/09/2018, 11:06 WIB
Dylan Aprialdo Rachman,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik tiga pejabat struktural KPK.

Ketiga pejabat itu adalah Direktur Penyidikan Kombes (Pol) RZ Panca Putra, Direktur Monitor Eko Marjono, dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Arif Waluyo.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Kamis (20/9/2019).

"Pada hari Kamis, 20 September 2018, saya secara resmi melantik Saudara-saudara, saya percaya Saudara melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai tanggung jawab yang diberikan," ujar Agus kepada tiga pejabat tersebut.

Baca juga: Besok, KPK Lantik Tiga Pejabat Struktural

Ketiga pejabat itu kemudian mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Agus.

Bunyi sumpah itu intinya:

Bahwa dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan saya, saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan.

Bahwa saya senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib cermat dan semangat untuk kepentingan negara.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, ada sejumlah tahapan seleksi yang dilakukan.

Tahapan itu seperti seleksi administrasi, tes potensi, kompetensi, bahasa, dan kesehatan. Lalu tahapan wawancara dengan pimpinan KPK.

Terkait posisi direktur penyidikan, kata Febri, KPK sempat melakukan seleksi sebanyak dua kali. Sebab, pada seleksi pertama tidak ada calon yang memenuhi kriteria yang ditentukan.

Sementara, dari tahap kedua, ada beberapa calon yang lolos hingga tahap akhir. Kemudian pimpinan KPK telah menentukan pilihannya.

Kompas TV Apa tanggapan KPK soal pernyataan Direktur Penyidikan KPK soal ketidakharmonisan kinerja penyidik KPK terutama di kasus korupsi E-KTP?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com