Kompas.com - 18/09/2018, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 34 tahun yang lalu, tepatnya pada 18 September 1984, Joseph Kittinger mencatatkan dirinya dalam sejarah sebagai orang pertama yang menyeberangi Samudra Atlantik dengan balon udara.

Kittinger berhasil melewati Samudra Atlantik dengan jarak sekitar 5.703 kilometer. Perjalanan yang ditempuh sekitar lima hari ini dimulai pada 14-18 September 1984. Program ini diselenggarakan oleh promotor Kanada, Gaetan Croteau.

Keberhasilan ini membuat Kittinger mencatat rekor dalam kedirgantaraan dunia FAI dengan kategori penerbangan jarak balon gas terpanjang ukuran AA-10.

Rekor lompatan parasut

Dilansir dari dokumentasi New York Times, Joseph Kittinger merupakan seorang perwira Angkatan Udara Amerika Serikat (United States Air Force, USAF) dan pilot komando. Kegiatan yang dilakukannya adalah sebagai seorang pengendali pesawat tempur dalam kancah Angkatan Udara AS.

Setelah penugasan pertamanya pesawatnya, Kittinger mencoba mengikuti berbagai program lain yang diselenggarakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pada 1955, dirinya mengikuti Proyek Manhigh yaitu dengan membawa orang-orang dari Angkatan Udara AS dengan balon menuju ke lapisan tengah stratosfer.

Setelah itu, dirinya juga mengikuti Proyek Excelsior pada 1959. Misi ini merupakan serangkaian lompatan dengan menggunakan parasut oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dari balon udara yang berada pada stratosfer.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Inggris Mulai Produksi Little Willie, Prototipe Tank Pertama

Tujuan dari misi ini adalah untuk menguji sistem parasut agar yang nantinya akan digunakan oleh pilot keluar dari ketinggian tertentu. Hasilnya, Kittinger menetapkan dirinya dalam rekor dunia sebagai lompatan parasut tertinggi.

Menyeberang Atlantik

Keinginan Kittinger untuk menjelajah kian banyak. Setelah melibatkan dirinya dalam proyek Excelsior dan Manhigh, dirinya ingin mencoba sesuatu yang baru.

Pria kelahiran 27 Juli 1928 tersebut menginginkan terbang melewati Samudra Atlantik dengan menggunakan balon udara. Kittinger ingin melakukan perjalanan udara solonya, setelah enam pria lainnya gagal, dua orang meninggal dalam upaya itu.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.