Kompas.com - 13/09/2018, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate menjamin kepala daerah yang mendukung Jokowi-Ma'ruf akan mematuhi aturan hukum yang berlaku ketika ingin ikut berkampanye.

"Kami akan mengambil bagian dan perannya sesuai yang dibolehkan undang-undang. Undang-undang dibolehkan untuk kampanye dan mereka akan menggunakan haknya tentu dengan mengikuti aturannya harus cuti dan harus tidak boleh menggunakan fasilitas negara," kata Johnny di Rumah Cemara 19, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Johnny juga menuturkan, kepala daerah yang masuk ke dalam tim kampanye nasional hanya sebatas menjadi pengarah teritorial.

Baca juga: Mendagri Sebut Kepala Daerah Boleh Kampanye Pilpres, asal...

Kepala daerah dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK) hanya sebatas memberikan pengarahan agar pelaksanaan pilpres di daerahnya berlangsung menggembirakan, memenuhi persyaratan pemilihan yang bebas, jujur, rahasia, adil dan efisien.

"Mereka tentu punya kepentingan di daerah, bahwa penyelenggaraan Pemilu 2019, pilpres dan pileg ini berlangsung dengan aman berlangsung dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang dibutuhkan daerah dan nasional," kata dia.

"Maka kehadiran mereka dalam rangka itu dan memastikan bahwa pelaksanaan pemilu berlangsung sesuai dengan amanat undang-undang," sambung Johnny.

Kompas TV Dalam rapat yang dipimpin Erick Thohir mereka sepakat menghindari istilah pertarungan dalam kampanye Pemilu Presiden 2019.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.