Koalisi Jokowi-Ma'ruf Anggap Wajar SBY Ingin Jadi Juru Kampanye Prabowo-Sandi

Kompas.com - 13/09/2018, 16:12 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman SBY di Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (10/8/2018). Partai Demokrat menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Prabowo-Sandiaga untuk maju dalam Pilpres 2019. ABROR RIZKIKetua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman SBY di Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (10/8/2018). Partai Demokrat menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Prabowo-Sandiaga untuk maju dalam Pilpres 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menilai keinginan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi juru kampanye pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merupakan hal wajar.

"Ya itu kan hal yang biasa, namanya ketua umum partai politik pengusung secara otomatis jadi jubir sama dengan kami," kata Hasto di Rumah Cemara 19, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Ia mengungkapkan, ketua umum partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf juga akan terjun menjadi juru kampanye.

"Ada Ibu Mega, ada Pak Airlangga, kalau menjadi juru kampanye, kemudian Pak Muhaimin Iskandar, Pak Surya Paloh, Pak Oesman Sapta, Pak Harry Tanoe, Mbak Grace Natalie, dan semua menjadi juru kampanye karena ini pemilu legislatif dan presiden itu satu nafas untuk perjuangan," kata dia.

Baca juga: Prabowo: SBY Minta Jadi Juru Kampanye

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua TKN Johnny G Plate. Ia menilai wajar SBY ingin turun langsung mengampanyekan Prabowo-Sandi. Yang terpenting, kata dia, kontestasi Pilpres 2019 berlangsung dengan kondusif.

"Jadi sejauh itu terkait gagasan hebat, gagasan besar untuk menyemarakan pemilihan presiden tentu kita sambut baik," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya bakal calon presiden Prabowo Subianto mengungkapkan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menyampaikan keinginannya untuk ikut terlibat pada Pemilu 2019.

Namun, kata Prabowo, SBY tidak meminta untuk ada di belakang layar "menukangi" tim pemenangan.

Baca juga: PAN Prioritaskan Asman Abnur Jadi Juru Kampanye Prabowo-Sandiaga

Menurut Prabowo, SBY justru ingin turun langsung saat kampanye Pilpres 2019.

"SBY minta menjadi jurkam (juru kampanye)," ujar Prabowo di kediaman SBY, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).

Meski demikian, Prabowo mengatakan, posisi SBY di tim Prabowo-Sandiaga Uno akan berada di posisi yang tinggi.

"Kalau godfather sudah di ataslah. Dia itu mentor saya. Jadi bukan urusan partai saja, urusan Magelang ini ceritanya," kata dia sembari tertawa.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.