Ini Misi di Balik Kunjungan Jokowi ke Korea Selatan dan Vietnam...

Kompas.com - 08/09/2018, 10:02 WIB
Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo menerima kedatangan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) akan melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan dan Vietnam, dalam waktu dekat.

Kunjungan ke Korea Selatan merupakan kunjungan balasan Presiden Jokowi atas kunjungan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia, beberapa waktu lalu.

Sementara, kunjungan Presiden Jokowi ke Vietnam adalah dalam rangka memenuhi undangan World Economic Forum on ASEAN.

Dalam keterangan pers, Jumat (7/9/2018), Presiden Jokowi mengatakan, kunjungannya ke Korea nanti akan diisi dengan pembahasan peningkatan kerjasama kedua negara.


Baca juga: Erick Thohir, Pilihan Jokowi Sendiri...

"Kita ingin dalam kunjungan (ke Korea) ini dibahas langkah-langkah yang kongkret bagi peningkatan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan," ucap Presiden Jokowi.

Kerja sama yang rencananya akan dijalin, yakni di bidang ekonomi, investasi dan hubungan baik generasi muda kedua negara.

Presiden Jokowi pun meminta para menteri terkait untuk mempersiapkan kunjungan kali ini agar menghasilkan sebuah kerja sama yang kongkret demi kepentingan nasional.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, tahun 2018 ini, Indonesia dan Korea Selatan memperingati 45 tahun hubungan diplomatik.

Baca juga: Relawan Rindu dan Deddy-Dedi Bersatu Menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin

Ia pun yakin hubungan baik Jokowi dan Moon berimbas pula pada semakin baiknya hubungan kedua negara.

"Presiden Jokowi dan Presiden Moon memiliki hubungan yang sangat baik. Tentunya pada saat pimpinan, kepala pemerintahan memiliki hubungan yang baik, ini merupakan satu aset yang harus dikapitalisasi untuk peningkatan hubungan yang saling menguntungkan," ujar Retno.

Retno mencatat, tahun 2017 lalu, perdagangan kedua negara meningkat cukup signifikan, yakni hampir 12 persen. Investasi Korea Selatan di Indonesia juga demikian. Korea masuk ke dalam 10 besar negara yang berinvestasi di Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X