Megawati Tertarik Pencak Silat karena Kelembutan dan Serangan Tiba-tiba

Kompas.com - 29/08/2018, 23:33 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri  berjalan memasuki venue Pencak Silat Asian Games, Jakarta, Rabu (28/8/2018)Kompas.com/YOGA SUKMANA Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri berjalan memasuki venue Pencak Silat Asian Games, Jakarta, Rabu (28/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyaksikan pertandingan Pencak Silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati menaruh perhatian besar terhadap olahraga pencak silat.

"Ibu Megawati sangat tertarik untuk hadir menyaksikan adu pencak silat. Beliau menaruh perhatian besar terhadap olahraga yang begitu sarat dengan tradisi kebudayaan Indonesia tersebut," ujar Hasto melalui siaran pers, Rabu.

Baca juga: Usai Pelukan dengan Jokowi dan Hanafian, Prabowo Bilang Kita Satu Keluarga

Megawati, kata Hasto, tertarik dengan pencak silat karena olahraga itu memadukan kelincahan, strategi dan pentingnya sinkronisasi gerak.

"Ibu Megawati sering mengatakan bahwa pencak silat itu nampaknya lembut, namun mampu menampilkan kekuatan tersembunyi yang begitu indah dan secara tiba-tiba langsung menyerang di basis pertahanan lawan," lanjut Hasto.

Baca juga: Cerita Sekjen PDI-P tentang Pelukan Jokowi-Hanifan-Prabowo di Final Pencak Silat

Hasto berpendapat, pencak silat akhir-akhir ini memang semakin moncer. Itu ditunjukkan dari sejumlah film produksi Hollywood yang sudah menampilkan gerakan pencak silat Indonesia.

Di Kopassus, lanjut Hasto, setiap personelnya juga dibekali dengan kemampuan pencak silat.

Tak hanya kemampuan fisik, namun juga memadukannya dengan kekuatan batin dan kanuraga.

"Inilah yang makin membanggakan kita. PDI Perjuangan sangat respek dan memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi pencak silat sebagai pendulang emas Indonesia di Asian Games," ujar Hasto.

Baca juga: JEO - Adem Wajah Politik Jokowi-Prabowo di Depan Matras Silat

"Kami berharap Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan pencak silat dunia. Jurus-jurus hebat yang dikembangkan atas dasar karakter hewan dan kelekatan dengan kebudayaan Indonesia menjadikan pencak silat sebagai persamaian rahmat kekuatan Ilahi dalam fisik manusia yang diekspresikan dalam berbagai jurus yang memesona," lanjut dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X