Jokowi-Ma'ruf Unggul di Pemilih Wong Cilik, Prabowo-Sandiaga di Kaum Terpelajar

Kompas.com - 21/08/2018, 15:21 WIB
Ilustrasi pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019. KOMPASIlustrasi pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019.
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan detail keunggulan kedua pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di lima kantong pemilih. Salah satu yang paling dominan yakni pemilih ekonomi rendah atau wong cilik.

"Segmen wong cilik adalah segmen dengan populasi terbesar," ujar peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Data LSI Denny JA menunjukkan, populasi wong cilik pada survei tersebut mencapai 58, 5 persen. Mereka adalah pemilih dengan pendapatan rumah tangga di bawah Rp 2 juta per bulan.

Hasil survei menunjukkan, 54,7 persen responden wong cilik memilih Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara yang memilih Prabowo-Sandiaga hanya 25,2 persen. Adapun sebanyak 20,1 persen tidak memutuskan jawaban.

Baca juga: Survei LSI: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 52,2 Persen, Prabowo-Sandiaga 29,5 Persen

Selain itu, Jokowi-Ma'ruf Amin juga unggul atas Prabowo-Sandiaga di kantong pemilih Muslim, non Muslim, perempuan, dan kaum milenial.

Sementara itu dari enam kantong pemilih, Prabowo-Sandiaga unggul di pemilih kaum terpelajar.

Jumlah yang memilih Prabowo-Sandiaga sebesar 44,5 persen. Sementara yang memilih Jokowi-Ma'ruf hanya 40,5 persen. Adapun 15,1 persen tidak memilih.

Adjie mengatakan, kantong pemilih kaum terpelajar tak signifikan. Dari data survei populasi kaum terpelajar hanya 9,9 persen. Kaum terpelajar di survei LSI Denny JA yakni responden yang pernah kuliah atau di atasnya.

Meski begitu, peran kaum terpelajar untuk mendongkrak elektabilitas Prabowo-Sandiaga dinilai sangat penting.

"Sebab kelompok ini punya kemampuan menjadi influencer dan penggiring opini publik," kata dia.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 12-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner kepada responden sebanyak 1.200 orang. Adapun margin of error survei LSI Denny JA tersebut yakni 2,9 persen.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X