Kompas.com - 15/08/2018, 22:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah nama wartawan terdaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2019. Setidaknya, ada tujuh orang yang dikenal sebagai wartawan, dan maju sebagai bacaleg Partai Nasdem.

Pembawa acara berita televisi swasta, Tina Talisa, menjadi salah satu wartawan yang maju sebagai bacaleg. Ia maju dengan nomor urut 6, di daerah pemilihan (dapil) Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung.

Ada juga wartawan spesialis wilayah konflik yang wajahnya tak asing lagi di layar kaca, Desi Fitriani. Ia maju dengan nomor urut 3 di dapil Aceh I, meliputi Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan lainnya.

Tak mau kalah, pembaca berita Arief Suditomo juga kembali akan bertarung memperebutkan kursi DPR RI.

Baca juga: Soal Caleg Artis, Nasdem Jabar Bantah untuk Dongkrak Popularitas

Arief sebelumnya telah menjabat sebagai anggota DPR RI dengan masa jabatan 2014-2019, diusung oleh Partai Hanura. Pada Pemilu 2019, dirinya memutuskan untuk pindah ke Partai Nasdem.

Arief kembali maju di dapil Jabar I, meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi, dengan nomor urut 2.

Mantan pembawa acara berita senior televisi, Rahma Sarita, juga maju sebagai bacaleg dengan nomor urut 2, di dapil Jatim II, meliputi Pasuruan dan Probolinggo.

Indra Maulana pun tak mau kalah. Mantan pembaca berita televisi itu terdaftar sebagai bacaleg dengan nomor urut 10 di dapil Jatim I, meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Baca juga: Bawa 40 Boks Dokumen, Partai Nasdem Daftar Pemilu 2019

Selain itu, masih ada wartawan Elman Saragih, hingga Sugeng Suparwoto yang juga maju sebagai bacaleg Pemilu 2019.

Sesuai dengan tahapan pemilu, saat ini masyarakat diminta untuk memberikan tanggapan dan masukan mengenai bacaleg yang tercantum dalam daftar calon sementara (DCS) yang telah dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Masyarakat dapat melihat DCS di portal online KPU, untuk kemudian memberikan masukan dan tanggapan ke KPU mengenai bacaleg yang bermasalah.

Nantinya, bacaleg yang telah tercantum dalam DCS akan ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) bacaleg, 14-20 September 2018 mendatang.

Kompas TV KPU masih meneliti keabsahan dokumen pendaftaran bakal calon legislatif salah satunya untuk melihat latar belakang setiap bacaleg.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.