Kompas.com - 15/08/2018, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Amanat Nasional Asman Abnur melakukan proses serah terima jabatan (sertijab) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada penggantinya, Syafruddin di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Proses sertijab diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 142P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri PAN-RB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Baca juga: Syafruddin Resmi Jabat Menteri PAN-RB

Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara sertijab serta penyerahan memori jabatan.

Dalam sambutannya, Asman Abnur menyampaikan keyakinannya bahwa Syafruddin akan segera mampu bekerja dan bertugas sebagai Menteri PANRB.

"Saya yakin beliau bukan lagi harus belajar, tapi tinggal menerapkan hal-hal yang selama ini mungkin banyak diketahui oleh beliau," kata Asman, seperti dikutip Antara.

Baca juga: Cium Tangan Syafruddin untuk Jusuf Kalla dan Megawati...

Dia meyakinkan kepada Syafruddin, bahwa seluruh jajaran staf, deputi di Kementerian PANRB akan secara penuh membantu tugas-tugas Syafruddin sebagai Menpan.

Sementara itu, Syafruddin mengatakan menerima pesan khusus dari Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan program-program yang sudah dicanangkan dalam kepemimpinan Asman Abnur.

"Pak Presiden pesan apa yang sudah dilakukan Pak Asman, diteruskan, diselesaikan sesuai target," kata Syafruddin.

Baca juga: Tak Ingin Jadi Beban Presiden Jokowi, Asman Abnur Ingin Mundur dari Kabinet

Dia mengatakan, dalam satu tahun waktu tersisa di Kabinet Kerja, dirinya hanya akan meneruskan seluruh program yang sudah dikerjakan Asman Abnur.

"Program sudah cukup bagus, waktu tinggal setahun, maka kita hanya akan selesaikan tugas tersisa, tidak akan ada tambahan-tambahan," jelas Syafruddin.

Asman mengundurkan diri dari kabinet setelah partainya, PAN, mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

Adapun Syafruddin sudah mengundurkan diri dari Kepolisian. Ia sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polri.

Kompas TV Rencananya, usai setijab, akan dilanjutkan dengan rapat pimpinan membahas program yang sementara jalan dan akan dilanjutkan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.