Wasekjen Gerindra Sebut Pujian Istana bagi Asman Abnur Bukti Kesuksesan PAN

Kompas.com - 15/08/2018, 06:10 WIB
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Wakil Sekjen Partai Gerindra Andre Rosiade merespons pujian jajaran pemerintahan terhadap kinerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Asman Abnur.

"Istana sudah menyampaikan Pak Asman adalah salah satu menteri yang sangat memuaskan kinerjanya, tentu kita apresiasi," tutur Andre di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018).

Hal itu disampaikannya sebagai tanggapan terkait penggantian Asman karena keputusan PAN yang memilih mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Asman merupakan kader PAN. 

Baca juga: Sekjen PDI-P Apresiasi Asman Abnur yang Berniat Mundur dari Kabinet

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan bahwa rencana presiden untuk mengganti Asman adalah karena sikap politik PAN, bukan karena kinerja yang buruk. Presiden, kata Pratikno, justru sangat puas dengan sepak terjang Asman selama menjabat Men PAN-RB.

Menurut Andre, pujian tersebut adalah bukti nyata kinerja kader Partai Amanat Nasional (PAN).

"Ini menunjukkan bahwa PAN berhasil mengorbitkan salah satu kadernya menjadi menteri yang memiliki kinerja baik di kementerian Pak Jokowi," imbuhnya.

PAN bersama Partai Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat telah memilih untuk mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Asman telah menyatakan akan mundur dari jabatannya. Keinginan tersebut dia ambil karena langkah politik PAN yang mendukung koalisi di luar pemerintah untuk Pilpres 2019. Ia mengatakan juga tidak ingin menjadi beban bagi presiden.

Baca juga: Pramono: Asman Abnur Berprestasi sebagai Menteri PAN-RB

"Tentu saya harus berpikir jangan sampai saya jadi beban pemerintah, beban Pak Presiden. Kalau diperkenankan, saya mohon kalau bisa diizinkan untuk mundur," kata Asman kepada Kompas.com, Selasa (14/8/2018).

Sampai saat ini, pengunduran diri Asman masih berbentuk lisan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Menurut Asman, Pratikno mengaku akan menyampaikan terlebih dulu kepada Jokowi terkait keinginannya untuk mundur dari kabinet.

Kompas TV Keputusan untuk mundur dilakukan setelah Partai Amanat Nasional resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.