10 Caleg Artis Akan 'Berperang' di Dapil Jabar I

Kompas.com - 14/08/2018, 12:03 WIB
Caleg caleg artis yang berlaga dalam pemilihan legislatif 2019. KOMPAS.comCaleg caleg artis yang berlaga dalam pemilihan legislatif 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) telah selesai melakukan verifikasi berkas bakal calon legislatif (bacaleg) peserta Pemilu 2019. Nama-nama bacaleg yang lolos, tercantum dalam daftar calon sementara (DCS).

Sejumlah nama artis terpantau masuk dalam DCS bakal caleg yang dibuat oleh KPU. Nama-nama artis itu, tersebar di sejumlah daerah pemilihan (dapil) di seluruh Indonesia.

Dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi menjadi salah satu dapil dengan jumlah bacaleg artis terbanyak. Tercatat, ada sepuluh artis yang akan 'berperang' untuk memperebutkan kursi DPR RI. Nama-nama artis itu, mulai dari pemain sinetron, penyanyi, personel band, hingga presenter olahraga.

Baca juga: Soal Caleg Artis, Nasdem Jabar Bantah untuk Dongkrak Popularitas


Dari PDI Perjuangan, terdapat aktor dan presenter Nico Siahaan, serta pemain sinetron Kirana Larasati. Sementara dari Partai Golkar, ada penyanyi tahun 70-an Tetty Kadi dan aktris senior Nurul Arifin.

Tak mau kalah, Partai Nasdem juga mencalonkan dua bacaleg artis, yaitu presenter dan aktor Farhan, serta penyanyi muda Citra Skolastika. Presenter Choky Sitohang pun ikut meramaikan pemilu 2019, dengan menjadi bacaleg Partai Perindo.

Sementara itu, vokalis band Nidji, Giring Ganesha, menjadi bacaleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dari Partai Amanat Nasional (PAN), terdapat aktris Virnie Ismail. Sedangkan Partai Demokrat, mengusung presenter olahraga dan mantan atlet Ricky Soebagdja.

Baca juga: Fenomena Caleg Artis dan Transfer Politisi

Sesuai dengan tahapan pemilu, saat ini masyarakat diminta untuk memberikan tanggapan dan masukan mengenai bacaleg yang tercantum dalam DCS. Masyarakat Indonesia dapat melihat DCS di portal online KPU, untuk kemudian memberikan masukan dan tanggapan ke KPU mengenai bacaleg yang bermasalah.

"Memberikan informasi kepada kita jika ada caleg-caleg yang sudah kita masukan dalam DCS ini ada masalah," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Nantinya, bacaleg yang telah tercantum dalam DCS akn ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) bacaleg, 14-20 September 2018 mendatang.

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X