Kenapa Prabowo-Sandi Tak Berangkat Bareng ke RSPAD?

Kompas.com - 13/08/2018, 12:56 WIB
Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (13/8/2018). Tes kesehatan sebagai salah satu syarat menjadi calon presiden dan wakil presiden. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (13/8/2018). Tes kesehatan sebagai salah satu syarat menjadi calon presiden dan wakil presiden.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon presiden Prabowo Subianto dan pasangannya Sandiaga Uno tidak berbarengan saat datang ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, untuk menjalani tes kesehatan.

Apa alasannya?

"Pak Prabowo tinggalnya jauh di Bogor, Pak Sandi tinggalnya di tengah kota Jakarta," ujar Sekjen Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Baca juga: Kelakar Prabowo yang Tak Bisa Tidur karena Kelaparan Sebelum Tes Kesehatan

Berdasarkan pantauan, Prabowo tiba di RSPAD lebih dulu pukul 06.43 WIB. Sementara itu, Sandiaga baru tiba sekitar 30 menit setelahnya.

Menurut Muzani, Prabowo dan Sandi tidak perlu janjian terlebih dahulu untuk bersama-sama berangkat ke RSPAD.

"Sekarang sudah di dalem bareng-bareng. Janjian ketemunya di RSPAD," lanjut dia.

Baca juga: Prabowo: Saya Mantan Tentara yang Takut Dokter, Takut Suntik

Prabowo-Sandi menjalani tes kesehatan sebagai salah satu syarat menjadi calon wakil presiden.

Keduanya akan diperiksa secara fisik mulai dari mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Terdapat pula, pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika.

Pemeriksaan kesehatan ini menggunakan standar pemeriksaan kesehatan ini ditentukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Baca juga: Jalani Tes Kesehatan, Sandiaga Harap Bisa Menginspirasi

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Pada Minggu (12/8/2018) kemarin, Jokowi-Ma'ruf telah menjalani pemeriksaan lebih dari 12 jam. Keduanya tampak datang berbarengan.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X