Jokowi: Ma'ruf Amin Ulama yang Dihormati Umat Islam

Kompas.com - 10/08/2018, 09:25 WIB
Calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presidennya Maruf Amin mendatangi Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2018). Fabian Januarius KuwadoCalon presiden Joko Widodo dan calon wakil presidennya Maruf Amin mendatangi Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Joko Widodo kembali menjelaskan alasannya memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden pendampingnya menghadapi Pilpres 2019.

Jokowi menganggap Ma'ruf figur yang tepat untuk mendampinginya.

"Beliau sosok yang utuh, ulama yang bijaksana, ulama yang dihormati umat Islam di seluruh tanah air," ujar Jokowi dalam pidatonya di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Jokowi menambahkan, Ma'ruf memiliki pengalaman yang panjang di berbagai jabatan.

Ma'ruf pernah menjadi anggota legislatif DPRD, DPR, MPR, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Rais 'Aam PBNU hingga sekarang menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.
Selain itu, Maruf juga menjabat anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Artinya beliau memiliki rekam jejak dan pengalaman yang lengkap," ujar Jokowi.

Alasan lain, Jokowi mengatakan, Ma'ruf memiliki pandangan yang sama dengannya bahwa masalah kemiskinan dan kesenjangan harus diatasi.

Selain itu, ekonomi masyarakat Muslim di Indonesia juga harus diperkuat.

"Untuk diketahui, pada saat beliau dikukuhkan sebagai profesor, pidato pengukuhannya berkaitan dengan arus ekonomi baru Indonesia. Artinya, beliau juga sangat mengetahui mengenai ekonomi," ujar Jokowi.

Setelah pidato, Jokowi dan Ma'ruf kemudian menuju Gedung KPU untuk mendaftar sebagai capres-cawapres 2019.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X