Muspimnas PKB Munculkan Nama Gatot Nurmantyo sebagai Capres

Kompas.com - 09/08/2018, 17:10 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (3/8/2018). KOMPAS.com/Andi HartikMantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (3/8/2018).
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan-pimpinan DPW Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) memiliki sikap dan pandangan berbeda mengenai langkah yang harus ditempuh PKB menghadapi Pilpres 2019. Hal itu muncul dalam Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PKB.

Ketua DPP PKB Ida Fauziyah yang memimpin rapat tertutup tersebut mengungkap suasana tegang mewarnai Muspimnas. Itu lantaran perbedaan pandangan di sejumlah kader begitu kuat.

"Suasana sangat tegang, memiliki pandangan yang bertolak belakang," ujarnya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Baca juga: Cak Imin: Mahfud adalah Keluarga Kita


Terdapat tiga pandangan yang mengemuka dalam Muspimnas PKB. Pertama beberapa Ketua DPW malah yakin Jokowi bakal memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres, untuk Pilpres 2019.

Kedua, ada sejumlah Ketua DPW yang menyatakan dukungan Cak Imin berpasangan dengan mantan Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo. Gatot diusung sebagai Capres.

Ketiga, ada sejumlah Ketua DPW yang menghendaki tetap mendukung Jokowi meski Cak Imin tidak dipilih sebagai cawapres.

Baca juga: Cak Imin: PKB Tetap Bergabung Koalisi Jokowi

Sampai akhir Muspimnas, kata Ida, tak ada titik temu soal ketiga pandangan tersebut. Namun para Ketua DPW PKB sepakat untuk menyerahkan keputusan akhir kepada DPP.

Pasca Muspimnas, Ida mengatakan akan langsung menyerahkan hasil pertemuan kepada para kepada pimpinan DPP PKB.

"Kami akan sampaikan kepada DPP PKB. Keputusannya menyerahkan ketiga opsi itu kepada DPP PKB. Kami akan segerakan," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X