Siapa Pun Cawapresnya, Politisi Nasdem Yakin PKB Solid Dukung Jokowi

Kompas.com - 06/08/2018, 21:47 WIB
Ketua Bidang Hukum, Advokasi, dan HAM Partai Nasdem Taufik Basari, di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINKetua Bidang Hukum, Advokasi, dan HAM Partai Nasdem Taufik Basari, di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari meyakini Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) tak akan hengkang dari koalisi pendukung Presiden Joko Widodo bila ketua umumnya Muhaimin Iskandar tak dipilih sebagai calon wakil presiden.

Sebab, berdasarkan pertemuan terakhir pimpinan partai pendukung dengan Jokowi, sudah disepakati dukungan tetap solid siapa pun cawapres yang nanti dipilih.

"Kami ada kesepakatan bahwa siapa pun yang akan menjadi cawapres, kami akan mendukung, termasuk PKB," kata Taufik saat dihubungi, Senin (6/8/2018).

Menurut Taufik, solidnya parpol pendukung Jokowi bisa dilihat dari seringnya para elite parpol bertemu. Jelang diumumkan dan didaftarkannya pasangan capres cawapres Jokowi ke KPU, setidaknya Jokowi sudah bertemu dengan jajaran ketum dan sekjen.


Baca juga: PKB Bisa Tak Usung Jokowi jika Tak Disetujui Para Kiai

 

Jajaran sekjen parpol pendukung Jokowi juga sudah dua kali menggelar pertemuan untuk mematangkan persiapan teknis.

"Kami semakin solid dan saya tidak melihat indikasi bahwa PKB akan meninggalkan koalisi Pak Jokowi ini," ujarnya.

Sebelumnya, beberapa alim ulama dari sejumlah wilayah di Indonesia mendukung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin menjadi cawapres Joko Widodo dalam Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan para alim ulama yang merupakan perwakilan wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Banten seusai pertemuan di kantor PBNU, Sabtu (4/8/2018) malam.

Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya bisa saja tak lagi mengusung Presiden Joko Widodo jika tak mendapat persetujuan para kiai dan ulama.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X