Jokowi Pastikan Bantuan untuk Korban Gempa NTB Sudah Dikirim

Kompas.com - 06/08/2018, 10:38 WIB
Presiden Joko Widodo (dua kanan) mengunjungi korban gempa di Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Selong, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018). Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan untuk perbaikan Rp 50 juta per rumah korban gempa yang mengalami kerusakan. ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo (dua kanan) mengunjungi korban gempa di Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Selong, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018). Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan untuk perbaikan Rp 50 juta per rumah korban gempa yang mengalami kerusakan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden  Joko Widodo memastikan pemerintah  pusat sudah mengirim bantuan bahan pangan bagi masyarakat korban gempa di Nusa Tenggara Barat.

"Soal logistik, tadi malam sudah meluncur ke NTB. Termasuk dokter-dokter juga sudah dikirimkan ke sana," ujar Jokowi di sela meninjau atlet dan venue pencak silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini  Indonesia Indah, Jakarta  Timur, Senin (6/8/2018).

Ketika ditanya wartawan apakah Presiden Jokowi akan meninjau korban langsung, ia mengatakan, untuk saat ini, ia tidak akan berkunjung ke sana.

Sebab, gempa bumi di NTB kali ini bermagnitudo 7 sehingga dampak korban  jiwa dan kerusakan fisik lebih tinggi dibandingkan gempa sebelumnya. Kondisi ini membutuhkan konsentrasi pemerintah dan lembaga terkait untuk menanganinya.

Baca juga: Gempa Lombok, Jokowi Sampaikan Dukacita yang Mendalam

"Kalau saya ke sana, justru itu akan mengganggu konsentrasi. Mengganggu evakuasi, penanganan di lapangan. Saya akan melihat lapangan dulu. Yang penting bantuan sudah dikirimkan," ujar Jokowi.

Beberapa saat setelah gempa terjadi, Presiden juga sudah langsung berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk mengkoordinasikan penanganan pascagempa di NTB.

"Tadi malam saya sudah memerintahkan kepada Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan seluruh jajaran yang terkait dengan ini. Baik TNI, Polri dan Pemda NTB dan lain-lain agar penanganan gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya," ujar Jokowi.

Baca juga: Korban Gempa Lombok Terus Berdatangan, Sejumlah Rumah Sakit di NTB Kewalahan

Diberitakan, gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang NTB, Minggu kemarin pukul 18.46 WIB. Gempa tidak hanya terasa di wilayah NTB, namun juga di Bali hingga Nusa Tenggara Timur.

BNPB mendata, lokasi paling parah terdampak gempa, yakni Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram.

Hingga Senin dini hari, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa sebanyak 82 orang.


Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X