Zulkifli: PAN Tentukan Capres-Cawapres Saat Rakernas

Kompas.com - 04/08/2018, 14:07 WIB
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam diskusi Quo Vadis Konstitusi Kita di Jakarta, Sabtu (4/8/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam diskusi Quo Vadis Konstitusi Kita di Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan, PAN akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada Senin (6/8/2018) dan Selasa (7/8/2018).

Dalam rakernas tersebut, PAN akan menentukan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung pada Pilpres 2019.

"Kami akan Rakernas hari Senin di Jakarta. Keputusannya (capres-cawapres) di Rakernas," kata Zulkifli di Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Baca juga: Gerindra: Kubu Prabowo Cepat Bahas Pilpres, Koalisi Jokowi Alami Pelambatan


Zulkifli mengatakan, pihaknya akan membahas sejumlah nama yang akan didukung dalam Pilpres. Semua keputusan tergantung pada Rakernas.

Selain itu, dalam Rakernas juga akan dibicarakan terkait pemilu legislatif. Namun demikian, Zulkifli enggan memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Tunggu Senin-Selasa. Yang dibicarakan Pileg dan Pilpres," sebut Zulkifli.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengungkapkan, partainya belum memutuskan arah koalisi terkait Pilpres 2019. Menurut Eddy, keputusan partai akan ditetapkan pada rakernas.

"Kami melihat tenggat waktunya terbatas yah dan kami juga menghadapi Rakernas tanggal 6-7. Nah, ketika kita tanggal 7 itu Rakernas, tentu saja kami harus mendapatkan sebuah keputusan terkait politik kami," ujar Eddy.

Baca juga: Prabowo Sebut Pembahasan Cawapres Masih Cair

Eddy menuturkan, keputusan belum bisa diambil saat ini, meski PAN sudah beberapa kali mengikuti pertemuan politik dan berkomunikasi dengan partai lain.

Menurut dia, beberapa pertemuan itu baru menyepakati adanya tim kerja.

Eddy mengatakan, PAN masih mengkaji beberapa rencana program kerja sama yang ditawarkan oleh partai-partai lain.

"Mudah-mudahan apa yang kami bahas ini sudah bisa mengerucutkan sikap politik PAN, agar nanti dalam Rakernas tinggal memutuskan arah politik kami," kata Eddy.

Komunikasi PAN belakangan ini selalu bersama kubu pendukung Prabowo Subianto. Meski, PAN saat ini masih bergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X