Waketum Gerindra: Kandidat Cawapres Prabowo Akan Dibahas Sekjen Partai Koalisi

Kompas.com - 01/08/2018, 18:14 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan salam kepada media sebelum melakukan pertemuan tertutup di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2018). Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari komunikasi politik yang dibangun kedua partai untuk Pilpres 2019.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan salam kepada media sebelum melakukan pertemuan tertutup di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2018). Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari komunikasi politik yang dibangun kedua partai untuk Pilpres 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri membenarkan bahwa Sekjen Partai Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat akan bertemu pada Rabu (1/8/2018) malam.

Dalam pertemuan tersebut, mereka akan membahas kandidat calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

"Kemarin sudah diputuskan yang menjadi LO-nya itu dari para sekjen, dari hasil itu nanti akan dikembalikan kepada pimpinan partai masing-masing. Ya kita akan lihat dari pihak partai-partai yang berkoalisi ini, siapa-siapa saja (usulan cawapres yang diajukan)," ujar Rachmawati saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Namun, kata Rachmawati, PKS dan PAN telah sepakat untuk menyerahkan keputusan figur cawapres ke tangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga: Jika Tak Jadi Cawapres Prabowo, PKS Pertimbangkan Abstain pada Pilpres

Kesepakatan tersebut dibuat pada pertemuan ketua umum dan sekjen Gerindra, PKS dan PAN di kediaman seorang pengusaha bernama Maher Algadri, di kawasan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018) malam.

Menurut dia, penyerahan keputusan ke tangan Prabowo juga menjadi jalan tengah jika partai koalisi tak bersepakat dengan kandidat cawapres.

"Boleh saja semua mengusulkan tapi terakhir ya capres terpilih yang menentukan. Pada akhirnya harus, sudah sepakat dikembalikan ke calon presiden (Prabowo)," kata Rachmawati.

Baca juga: Ditanya Nama Cawapres, Prabowo Bilang Sudah di Kantong

Selain itu, lanjut Rachmawati, dalam pertemuan semalam, PKS dan PAN menegaskan sikapnya kembali terkait pembentukan koalisi serta sepakat menerima Partai Demokrat.

Kedua partai itu juga menegaskan dukungannya terhadap Prabowo sebagai capres pada Pilpres 2019.

"Kalau kita baca pertemuan dengan SBY, kemudian PKS dan PAN sendiri kan sudah mengerucut capres dari koalisi itu ya Pak Prabowo," tuturnya.

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Pagi berikut ini.


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X