Kompas.com - 24/07/2018, 15:17 WIB
Penulis Mela Arnani
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari ini, isu tentang dibukanya portal pendaftaran akun sistem seleksi CPNS Nasional (SSCN) sebagai satu langkah pendaftaran pegawai negeri sipil 2018 ramai di media sosial.

Informasi yang beredar itu disertai dengan foto-foto terkait pendaftaran akun SSCN di laman https://sscntraining.bkn.go.id/sscnPanselnas/registrasi.html.

Sejumlah netizen menanyakan kebenaran informasi tersebut melalui Twitter kepada akun twitter resmi Badan Kepegawaian Nasional (BKN), @BKNgoid.

Baca juga: [HOAKS] Informasi Format dan Susunan CPNS 2018

Salah satunya adalah akun Twitter milik bernama Athar Abdurrahman B, @Athar_01

Tak hanya itu, akun lain bernama Rosmi, @AprielRosmi juga menanyakan kebenaran informasi dari laman tersebut.

Saat dihubungi Kompas.com, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan, portal itu digunakan untuk latihan bagi internal BKN.

"Link tersebut hanya untuk latihan bagi Badan Kepegawaian Daerah sebagai calon administrator SSCN untuk instansinya. Tidak ditujukan untuk publik. Biro Humas sudah meng-counter isu tersebut," kata Ridwan kepada Kompas.com, Selasa (24/7/2018).

Ridwan menambahkan, laman tersebut dibuat khusus untuk kerja administrator SSCN.

"Sesuai namanya, SSCN Training ini memang dibuat untuk pekerjaan back office khusus untuk kami sebagai administrator SSCN," tambah Ridwan.

Ia juga meminta agar publik tidak menyebarkan informasi yang bukan berasal dari website atau media sosial BKN.

"Jika tidak ada pengumuman apapun dari kami di web dan media sosial, maka seharusnya publik tidak menyebarluaskan," tegas Ridwan.

Baca juga: CPNS 2018, Ada 100.000 Formasi bagi Tenaga Pendidik

Sebelumnya, telah banyak beredar informasi hoaks yang tersebar terkait CPNS 2018, baik dari petunjuk teknis pemberkasan, formasi pengangkatan, format, dan susunan CPNS.

Semua informasi mengenai CPNS 2018 akan diinformasikan melalui situs web resmi BKN dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.