Kompas.com - 13/07/2018, 16:16 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Kelembagaan DPP Partai Golkar Idrus Marham meminta agar seluruh ketua umum partai politik pendukung Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 menyerahkan sepenuhnya keputusan soal calon wakil presiden ke tangan Jokowi.

Dengan begitu, menurut Idrus, koalisi parpol akan tetap solid dalam mendukung Jokowi.

"Saya justru mengimbau agar ketua parpol pendukung Jokowi yang sudah ada sembilan partai itu, sebaiknya menyerahkan sepenuh kepada Pak Jokowi untuk menentukan siapa cawapresnya," ujar Idrus saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Idrus menuturkan, di antara koalisi pendukung saat ini belum ada kesepakatan mengenai mekanisme penyerahan keputusan soal cawapres ke tangan Jokowi.

Hal ini menyebabkan adanya saling tarik menarik dan manuver politik yang dilakukan oleh partai politik.

Baca juga: Idrus Jamin Golkar Tetap Dukung Jokowi meski Airlangga Tak Jadi Cawapres

Menurut Idrus, akan lebih adil jika seluruh parpol sepakat untuk menyerahkan keputusan tersebut kepada Jokowi.

Namun, kata Idrus, apa pun keputusannya, Jokowi harus mengomunikasikannya dengan seluruh ketua umum partai politik pendukung.

"Biarlah Pak Jokowi menentukan lebih dulu, mengajak para ketua umum partai untuk bicara. Tapi apa pun keputusannya tidak mengganggu soliditas partai pendukung dan tetap mendukung Pak Jokowi dan tidak ada lagi satu manuver-manuver," kata Idrus.

Baca juga: PKB Kritik Koalisi Pendukung Jokowi yang Tak Transparan Bahas Cawapres

Diketahui saat ini ada enam partai di parlemen dan tiga partai di luar parlemen yang menyatakan dukungannya kepada Presiden Jokowi.

PDI-P, Partai Golkar, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Hanura telah menyatakan secara tegas untuk mendukung Jokowi.

Sementara, PKB baru memberikan sinyal dukungan dengan mengusulkan ketua umumnya Muhaimin Iskandar sebagai cawapres pendamping Jokowi.

Selain itu Perindo, PSI dan PKPI juga sudah memberikan dukungan.

Kompas TV Sabtu, 4 Agustus 2018 pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 2019 dibuka Komisi Pemilihan Umum.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.