TGB Minta Kelompok Ahmadiyah di NTB Berbaur dengan Masyarakat - Kompas.com

TGB Minta Kelompok Ahmadiyah di NTB Berbaur dengan Masyarakat

Kompas.com - 13/07/2018, 08:46 WIB
Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (12/7/2018).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat ( NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang ( TGB) meminta kelompok Ahmadiyah di NTB berbaur dengan masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan TGB terkait konflik berkepanjangan antara Ahmadiyah dengan kelompok lain di NTB.

"Pesan saya cuma satu, jangan tinggal sendirian tapi harus berbaur," kata TGB saat berkunjung ke Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: GP Ansor Desak Pemerintah dan Polri Pulihkan Hak Jemaah Ahmadiyah

Ia menyatakan sejatinya kelompok Ahmadiyah sudah turun temurun tinggal di NTB selama puluhan tahun.

TGB mengatakan, setelah serangan terakhir terhadap kelompok Ahmadiyah Mei lalu, pemerintah berencana menempatkannya dalam satu rumah susun.

Namun, menurut TGB, upaya itu tak menyelesaikan akar konflik sosial di sana jika kelompok Ahmadiyah tetap tidak berbaur.

Baca juga: Rencana Penyerangan Jemaah Ahmadiyah Telah Dirancang dan Disepakati Jauh Hari

"Saya tegaskan tak ada yang membenarkan anarkisme. Sehingga dalam komunikasi saya dengan teman-teman Ahmadiyah, membaurlah. Jangan bangun masjid sendiri karena akan ciptakan kecurigaan masyarakat," tutur dia.

"Sekarang akan dibangunkan rusun. Pesan saya cuma satu, jangan tinggal sendirian tapi harus berbaur. Kalau polanya sama akan terus memunculkan ketengangan. Ada kompromi yang harus diambil dan mudah-mudahan bisa selesai," lanjut TGB.



Close Ads X