Kompas.com - 10/07/2018, 20:26 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk bersinergi dengan Polri memerangi terorisme hingga separatisme.

Ajakan itu tercantum di dalam isi pidato Kapolri yang dibacakan oleh Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Muktiono pada Sarasehan Nasional: Belajar dari Resolusi Konflik dan Damai Maluku.

"Masyarakat Maluku bersama Polri dan instansi terkait saling mendukung dalam memerangi terorisme, separatisme," ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Cerita Wiranto Tangani Kemelut Konflik Ambon 19 Tahun Silam

"(Juga memerangi) peredaran ilegal, narkoba, illegal fishing, illegal mining, dan kejahatan lain di wilayah Maluku demi tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," sambung dia.

Polri juga sudah melakukan langkah-langkah untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Maluku. Beberapa di antaranya yakni dengan memperkuat struktur polda maluku, dari tipe B ditingkatkan jadi Polda tipe A.

Dengan peningkatan tipe tersebut, maka Polda Maluku mendapatkan tambahan jumlah personil dan anggaran yang disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).

Baca juga: Kapolri Ajak Masyarakat Maluku Hapus Trauma Konflik

Peningkatan tipe Polda juga mempertimbangkan beberapa aspek yakni geografis, jumlah penduduk, potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat, dan kejahatan trans-nasional.

Setiap desa juga diwajibkan 1 Bhabinkamtibmas, Polda diwajibkan membangun sistem informasi paham radikal dari tingkat desa hingga provinsi.

Terkait layanan informasi kepada masyarakat, Polda tipe A wajib membuat layanan sistem informasi berbasis IT.

Kompas TV Dua calon kepala daerah tersangka korupsi unggul dalam hitung cepat KPU.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.