Kompas.com - 09/07/2018, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Minggu (8/7/2018). Salah satu hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu adalah terkait calon wakil presiden (cawapres) Jokowi.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, pertemuan yang diselenggarakan di Istana Batu Tulis itu berlangsung selama 1 jam 50 menit.

Beberapa hal dibahas, termasuk kunjungan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, persiapan Asian Games 2018, dan persiapan pemilu legislatif maupun pemilu presiden 2019.

Baca juga: Jokowi Bertemu Megawati, Nama Cawapres Sudah Dikantongi

"Kemudian juga tentu terkait dengan siapa yang akan dampingi Pak Jokowi juga dibahas antara kedua beliau," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Meskipun demikian, Hasto mengaku belum bisa memberikan informasi lebih rinci mengenai kapan calon wakil presiden Jokowi akan diumumkan. Pengumuman menunggu waktu yang tepat.

Hasto mengungkapkan, Mega menyampaikan bahwa nama-nama cawapres sudah dikantongi. Akan tetapi, PDI-Perjuangan menunggu momentum yang sesuai untuk mengumumkan.

Baca juga: Pertemuan Batu Tulis Tepis Kabar Renggangnya Komunikasi Jokowi dan Megawati

"Istilahnya Ibu Megawati Soekarnoputri menunggu cuaca yang cerah terlebih dahulu," ujar Hasto.

Ia menuturkan, Megawati mengibaratkan waktu yang tepat tersebut dengan cuaca yang baik. Pengumuman capres dan cawapres harus dilakukan ketika matahari terbit dan suasana cerah yang membangun harapan, bukan ketika matahari yang tenggelam.

"Karena yang kita umumkan adalah pasangan calon pemimpin bangsa, pemimpin rakyat Indonesia, pemimpin yang punya tanggung jawab besar untuk menakhodai kapal besar yang namanya Indonesia itu," sebut Hasto.

Kompas TV Presiden Jokowi menyatakan sudah menetapkan nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.