Jusuf Kalla: Sponsor Utama Asian Games Kurangi Beban Pemerintah

Kompas.com - 06/07/2018, 16:06 WIB
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika memberikan keterangan pers di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (21/6/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIRWakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika memberikan keterangan pers di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (21/6/2018).
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kehadiran sponsor utama Asian Games 2018 telah membantu pemerintahan menggelar pesta olahraga negara se-Asia tersebut.

Hal itu disampaikan Kalla dalam acara Signing Ceremony antara Indonesia Asian Games Organizing Commitee (INASGOC) dengan Sponsor Resmi Asian Games ke-18 di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

"Sponsor akan memperkecil beban pemerintah, karena kita tidak mungkin penyelenggaraan ini semuanya dari pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Sambut Asian Games, 75 Paket Wisata di 7 Destinasi Unggulan Siap Dijual

Dalam gelaran Asian Games 2018, terdapat 22 perusahaan yang menjadi sponsor utama. Perusahaan-perusahaan itu terdiri dari perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kalla mengucapkan terima kasih kepada 22 perusahaan yang menjadi sponsor utama Asian Games 2018. Menurut dia, tanpa peran para sponsor, Asian Games tidak akan berjalan lancar.

Menurut Kalla, dengan adanya tambahan dana dari sponsor, anggaran Asian Games menjadi Rp 6 triliun lebih dari sebelumnya yang hanya sekitar Rp 5,2 triliun.

Baca juga: Ini Pertimbangan Inasgoc soal Harga Tiket Pembukaan Asian Games hingga Rp 7,5 Juta

Sementara itu, Ketua Penyelengara Asian Games atau Inasgoc Erik Thohir mengatakan, anggaran Asian Games 2018 itu sudah melalui penghematan. Sebab, sebelumnya anggaran awal yang diajukan sebesar Rp 8,7 triliun.

"Kita harus jaga jangan sampai kita efisien tetapi standarnya tidak baik. Ini yang terus kami kawal dan Insyaallah kami kerja keras untuk itu," kata Erik.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X