10 Tahun Berkuasa di Jabar, PKS Kini Dianggap Mengalami Kemunduran

Kompas.com - 04/07/2018, 10:24 WIB
Politisi PKS Ahmad Heryawan ketika ditemui di Kantor Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta, Rabu (25/4/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIRPolitisi PKS Ahmad Heryawan ketika ditemui di Kantor Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Philips J Vermonte menilai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengalami kemunduran dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Sebab, selama 10 tahun, Jawa Barat dikuasai lewat kadernya, Ahmad Heryawan yang telah menjadi gubernur.

Kini, pasangan yang diusung PKS, Sudrajat-Akhmad Syaikhu mengalami kekalahan dari pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dalam berbagai hasil hitung cepat.

PKS dinilainya sudah tak mampu mempertahankan kekuasaan di Jawa Barat.

"Saya melihat Jabar itu diperintah 10 tahun oleh PKS, lalu sekarang kehilangan posisi gubernur. Menurut saya itu kemunduran bagi PKS," kata Philips di kantor Saiful Mujani Research and Consulting, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Baca juga: Exit Poll SMRC: Di Jabar Elektabilitas Prabowo 51 Persen, Jokowi 40 Persen

Di sisi lain, Philips mengakui bahwa pasangan Sudrajat-Syaikhu mengalami kenaikan suara yang cukup signifikan dibandingkan survei-survei sebelumnya.

Namun, tetap saja PKS kehilangan jabatan di Pemprov Jabar.

"Kalau melihatnya dari perspektif itu kan begitu. Ini 10 tahun di daerah kepemimpinan gubernur dipegang PKS, hari ini dia kehilangan posisi itu. Itu kemunduran," ujar dia.

Pasangan Ridwan Kamil-Uu unggul dalam berbagai hitung cepat atau quick count. Pada quick count Litbang Kompas, Ridwan Kamil-Uu dinyatakan menang dalam hitung cepat.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Kampanye #2019GantiPresiden Sangat Masif di Jabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebesar 32,54 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan sebesar 12,2 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu sebesar 29,53 persen dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi sebesar 25,72 persen

Pada quick count SMRC, Ridwan Kamil-Uu dinyatakan menang dalam hitung cepat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X