82 Tahun Habibie dan Cintanya kepada Ainun

Kompas.com - 26/06/2018, 12:26 WIB
Foto Habibie dan Ainun dalam salah satu ruangan di kediaman Presiden ketiga RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/SABRINA ASRILFoto Habibie dan Ainun dalam salah satu ruangan di kediaman Presiden ketiga RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden ketiga RI BJ Habibie baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-82, Senin (25/6/2018). Sebagai tokoh bangsa, telah banyak jasa yang dibaktikan Habibie bagi bangsa dan negara, namun yang paling menyita perhatian masyarakat adalah kecintaannya kepada sang istri, Ainun.

Habibie menikah dengan Hasri Ainun, seorang dokter, pada 12 Mei 1962. Ainun berpulang pada 22 Mei 2010 silam, karena penyakit tumor yang dideritanya.

Setelah Ainun wafat, Habibie menulis buku berjudul Habibie & Ainun yang menceritakan kehidupan cinta dan pernikahan mereka hingga Ainun wafat. Buku tersebut diadaptasi ke layar lebar berjudul sama yang dirilis pada 20 Desember 2012 lalu.

Salah satu petikan dalam buku tersebut yang menyentuh hati adalah kala mereka merayakan hari jadi pernikahan ke-48.

"Ainun, tahukah hari ini hari apa?" Habibie bertanya. Ainun mengangguk. "Hari pernikahan kita selama enam windu atau 48 tahun," ujar Habibie.

Baca juga: Saat Kehilangan Ainun, BJ Habibie Membenci Semua Dokter...

Ainun kembali mengangguk sembari tersenyum. Memandang Habibie dengan wajah cerah, tetapi aura sedihnya tetap tidak dapat disembunyikan.

Habibie kemudian mencium bibir Ainun sembari berbisik, "Saya selalu akan mendampingimu di mana pun kamu berada. Jiwa, roh, dan batin kita sudah menyatu dan manunggal sepanjang masa."


Ainun terdiam. Air matanya menetes diiringi senyum. Demikian penggalan momen yang Habibie tuliskan dalam buku Habibie dan Ainun.

Momen itu terjadi pada Rabu, 12 Mei 2010, tepat pukul 10.00 WIB, di ruang ICCU, tempat Ainun dirawat. Tumor ganas terus menjalar dan menggerogoti kesehatan Ainun.

Baca juga: Kecupan Habibie di Bibir Ainun dan Doa pada 48 Tahun Perkawinan

Habibie kemudian memanjatkan doa. Berikut kutipan doa itu :

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X