Kompas.com - 22/06/2018, 11:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menuturkan, penggalangan donasi yang dilakukan Ketua Umumnya, Prabowo Subianto, adalah untuk membantu orang-orang yang memiliki potensi, rekam jejak serta kapasitas untuk maju dalam kontestasi politik namun minim dana.

“Kan banyak nih calon anggota DPR RI nanti yang bagus-bagus atau DPRD Provinsi/Kota yang nggak punya uang atau tokoh yang punya kapasitas tapi nggak punya uang dengan donasi ini kan kita bisa membantu mengorbitkan tokoh-tokoh gitu lho,” ujar Andre saat dihubungi, Jumat (22/6/2018).

Baca juga: Prabowo Juga Akan Galang Donasi untuk Modal Jadi Capres 2019

Andre mengatakan, proses demokrasi yang berbiaya tinggi tidak memberikan kesempatan bagi calon yang punya kapasitas serta rekam jejak.

“Kita kan demokrasi liberal ya yang berbiaya tinggi. Ini (penggalangan donasi) penting sehingga tidak tergantung pemilik modal,” kata dia.

Menurut dia, penggalangan donasi ini diterapkan secara transparan dan merupakan bentuk partisipasi masyarakat untuk melakukan perubahan nasib bangsa.

Baca juga: Prabowo Galang Donasi, Gerindra Bantah Kehabisan Modal

“Ini budaya politik baru bagaimana partai dan pak Prabowo mengajak masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi aktif untuk melakukan perubahan nasib bangsa,” ucap dia.

Lebih lanjut, saat ditanya apakah ini merupakan bentuk pencitraan, Andre membantah akan hal tersebut.

“Ini (penggalangan donasi) bukan pencitraan, bukan karena logistik tidak cukup tapi realitas ini kenyataan bahwa demokrasi kita butuh biaya sangat tinggi,” kata dia.

Baca juga: Prabowo Galang Donasi untuk Biayai Ongkos Politik Gerindra

Penggalangan donasi ini, kata Andre, merupakan bentuk imbauan kepada masyarakat dan rakyat Indonesia untuk berjuang bersama-sama demi perubahan nasib bangsa.

“Ayook bersama-sama kita berjuang bersama berikan bantuan,” tambah Andre.

Diberitakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menggalang donasi untuk mendukung perjuangan politiknya dan Gerindra. Penggalangan dana ini ia umumkan lewat akun Facebook resminya, Kamis (21/6/2018) malam.

"Saya merancang suatu program pencari dana dari rakyat langsung, dari pendukung-pendukung saya, dan pendukung-pendukung Gerindra. Saya namakan @GalangPerjuangan," kata Prabowo.

Kompas TV Ketua Umum Partai Gerindra, yang juga mendapat mandat Capres 2019 Prabowo Subianto membuka peluang untuk berpasangan dengan siapa saja yang satu visi dengannya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.