[HOAKS] Foto-foto Kapal Tenggelam di Danau Toba yang Beredar di Media Sosial

Kompas.com - 19/06/2018, 10:43 WIB
Foto-foto hoaks yang menyebutkan bahwa ini kapal yang tenggelam di Danau Toba. Kapal ini adalah kapal yang ditumpangi imigran gelap dan berasal dari mesin pencarian Google.Twitter Foto-foto hoaks yang menyebutkan bahwa ini kapal yang tenggelam di Danau Toba. Kapal ini adalah kapal yang ditumpangi imigran gelap dan berasal dari mesin pencarian Google.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, foto-foto yang beredar di media sosial dan menyebutkan bahwa itu KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba adalah tidak benar alias hoaks.

Pernyataan soal ini disampaikan Sutopo melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, Senin (18/6/2018).

Sutopo mengatakan, foto yang beredar tersebut adalah foto tenggelamnya kapal yang ditumpangi imigran gelap yang bersumber dari mesin pencarian.

Baca juga: Daftar 14 Korban Selamat KM Sinar Bangun yang Tenggelam di Danau Toba

"Yang saya maksud itu fotonya yang hoax. Kalau beritanya ( kapal tenggelam) benar," demikian twit Sutopo.

"Lihat timeline twitter saya. Duluan saya infokan musibah kapal tenggelam di perairan Danau Toba. Lalu di medsos beredar luas foto-foto kapal tenggelam di Danau Toba. Setelah diverifikasi foto tersebut adalah foto imigran gelap yang ada di Google. Jadi tidak usah berpolemik," demikian Sutopo.

KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018).

Baca juga: KM Sinar Bangun yang Bawa Puluhan Wisatawan Tenggelam di Danau Toba

Pasca peristiwa ini, beredar foto-foto yang dibagikan warganet bahwa itu adalah foto kapal yang tenggelam. Salah satunya yang dibagikan salah seorang warganet berikut ini:

Evakuasi dilanjutkan

Belum dapat dipastikan jumlah penumpang kapal KM Sinar Bangun yang berangkat dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun.

Sutopo menyebutkan, proses evakuasi korban tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun ini terkendala gelombang tinggi.

Baca juga: Kapal KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, 1 Orang Dilaporkan Tewas

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Taput, Karo, Tobasa, Humbahas, dan Simalungun dikerahkan untuk membantu evakuasi dan penanganan korban tenggelam kapal ini.

Evakuasi korban dilanjutkan pada hari ini, Selasa (19/6/2018) pukul 06.00 WIB.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X