Bernostalgia dengan Lagu-lagu Lebaran Zaman Dulu... - Kompas.com

Bernostalgia dengan Lagu-lagu Lebaran Zaman Dulu...

Kompas.com - 14/06/2018, 18:00 WIB
Personil grup musik Bimbo, dari kiri ke kanan, yakni Jaka Bimbo, Sam Bimbo, dan Acil Bimbo di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/5/2016).  KOMPAS/SAMUEL OKTORA Personil grup musik Bimbo, dari kiri ke kanan, yakni Jaka Bimbo, Sam Bimbo, dan Acil Bimbo di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/5/2016).

KOMPAS - Selamat Hari Lebaran, minal aidil walfaidzin. Mari bersalam-salaman, kita bermaaf-maafan. Setelah satu bulan kita berpuasa, mari kita ikut Lebaran....

Masih ingatkah Anda dengan intro pembuka lagu berjudul "Selamat Lebaran" itu?

Lagu yang dinyanyikan oleh Dea Ananda ini sangat digemari dan menjadi "lagu wajib" Lebaran, berdampingan dengan lagu Baju Baru pada dekade 1990-an hingga awal 2000-an.

Lagu Selamat Lebaran dan Baju Baru ini diambil dari album berjudul "Lebaran" yang dirilis pada 1995.

Diberitakan Harian Kompas, 18 Januari 1998, penyanyi anak-anak saat itu seakan tidak mau kalah dengan seniornya dalam meluncurkan lagu bertema Lebaran.

Kala itu, penyanyi cilik Cikita juga mengeluarkan lagu religi berjudul "Ketupat Lebaran".

Shafa Tasya Kamila, Artis Cilik, pada 2001.KOMPAS/ALIF ICHWAN Shafa Tasya Kamila, Artis Cilik, pada 2001.
Selain Cikita, penyanyi cilik Tasya juga mengeluarkan lagu berjudul Ketupat Lebaran pada tahun 2002. Lagu ini diambil dari album dengan judul yang sama.

Selanjutnya, ada lagu Ikut Lebaran yang dinyanyikan oleh Enno Lerian

Lagu yang mengambarkan keceriaan anak-anak saat menyambut Lebaran ini diambil dari album yang bertajuk "Ikut Lebaran".

Lagu Lebaran lain yang tak boleh dilupakan adalah "Raihlah Kemenangan".

Lagu karya Elfa Secioria dan Wieke Gur ini bahkan dibawakan kembali oleh grup musik GIGI dengan aransemen rock yang lebih modern pada tahun 2004.

Pada 2000-an muncul lagu berjudul Dengan Menyebut Nama Allah karya Dwiki Darmawan yang dinyanyikan oleh Novia Kolopaking.

Harian Kompas, 9 Oktober 2005, memberikan, lagu ini terus berkibar dan dinyanyikan ulang oleh beberapa artis dalam berbagai kesempatan.

Selain lagu-lagu nostalgia, ada lagu yang juga sering diputar jelang perayaan hari raya Idul Fitri. Salah satunya, lagu Lebaran Sebentar Lagi yang dinyanyikan oleh grup musik Bimbo.

Meski bukan lagu baru, lagu inilah yang kerap diperdengarkan bersama lagu Lailatul Qadar dan lagu berjudul Tuhan selama masa Ramadhan hingga Lebaran.

Lagu-lagu karya Bimbo seakan tak lekang oleh waktu. Syair yang dilantunkan dengan lembut dan menyentuh, membuat lagu ini selalu terkenang dan diperdengarkan jelang perayaan hari raya Idul Fitri.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Resep Opor Ayam dan Sambal Goreng Jeroan

Kompas TV Ada pemandangan unik di Masjid Habiburrahman, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, pada 10 hari terakhir bulan ramadan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X