Rabu Siang, Sejumlah Jalur Mudik Ramai

Kompas.com - 13/06/2018, 12:51 WIB
Foto udara kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGFoto udara kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah jalur mudik terpantau mulai ramai lancar. Beberapa titik juga terpantau padat, berdasarkan data yang dihimpun di Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018 di Kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (13/6/2018) pada pukul 11.30.

Jalur yang terpantau padat adalah Gerbang Tol Cikarang Utama. Kepadatan terlihat padat baik pada gerbang tol masuk maupun keluar Cikarang Utama.

Kemudian, kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar di Simpang Jomin, dan Exit Tol Pejagan. Kondisi lalu lintas juga terlihat ramai lancar di Sadang dan Padalarang (Kabupaten Bandung Barat).

Adapun di Nagrek, lalu lintas terpantau padat merayap. Di Simpang Ciawi, lalu lintas terpantau ramai lancar, begitu juga dengan di Ketanggungan dan Gadog Puncak.

Baca juga: Hingga Rabu Pagi, 6,5 Juta Penumpang Diberangkatkan Mudik

Beberapa jalan tol juga terpantau ramai lancar, seperti di Jalan Tol Balonggandu, Jalan Tol Losarang, dan Jalan Tol Tanjung. Adapun Exit Tol Brebes (Brexit) juga terpantau dalam kondisi ramai lancar.

Simpang Pejagan, Naregong, dan Jalur Alternatif Nagrek Hilir juga terpantau dalam kondisi ramai lancar. Kawasan beberapa terminal seperti Terminal Cirebon, Terminal Semarang, dan Terminal Bekasi juga ramai lancar

Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana menjelaskan, kepadatan lalu lintas maupun angkutan penumpang yang terjadi pada H-3 (Selasa, 12/6/2018) dan H-2 Lebaran (hari ini) merupakan hal yang wajar terjadi.

Sebab, kedua periode tersebut merupakan waktu favorit bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

"Memang tanggal favorit itu dari tahun ke tahun selalu dari H-3 dan H-2," jelas Cucu.

Kompas TV Kita pmantau bagaimana keadaan di pintu Tol Salatiga, Jawa Tengah, pada Rabu (13/6) pagi.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X