Puncak Mudik Lebaran di Luar Prediksi Polri

Kompas.com - 11/06/2018, 12:47 WIB
Petugas Satlantas Polres Kebumen mengatur arus kendaraan di jalur selatan Jawa, Senin (11/6/2018). Dok Polres KebumenPetugas Satlantas Polres Kebumen mengatur arus kendaraan di jalur selatan Jawa, Senin (11/6/2018).
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Prediksi puncak kepadatan arus mudik pada 9-10 Juni 2018 ternyata berada di luar prediksi. Polri mengungkapkan, secara umum, arus mudik pada akhir pekan itu masih lancar.

"Sebenarnya kami prediksi kemarin tanggal 9 dan 10, tapi ternyata di bawah prediksi semua," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Warsisto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/6/2018).

Setyo mengatakan, ia bersama Kapolri sudah meninjau langsung lalu lintas di berbagai titik melalui helikopter. Hasilnya, tak ada kepadatan kendaraan yang berarti.

Menurut dia, memang ada ketersendatan kendaraan di beberapa titik. Namun, ia memastikan lalu lintas tidak sampai terhenti total hingga beberapa jam.

Baca juga: Kemenhub: Hingga Senin Pagi, Layanan Mudik Seluruh Moda Transportasi Terkendali

Setyo menduga, masih relatif lancarnya arus kendaraan mudik Lebaran akibat panjangnya waktu libur Lebaran. Dengan begitu, pemudik bisa banyak opsi hari untuk mudik.

"Kami pantau tadi pagi juga cukup padat. Cukup banyak yang mudik. Tapi ada teman saya berangkat pukul 03.00 WIB, pukul 08.30 WIB sudah di Brebes. Sudah di rumahnya," kata  Setyo.

"Malah agak susah diprediksi (sekarang puncak mudik) karena sudah terturai. Sudah lancar semua. Kalau kami kira, puncaknya kan ekstrem begitu ya. Ternyata enggak. Ini landai-landai saja. Semua jalan dengan sendirinya," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X